Ayam Goreng Lengkuas

Dipos pada February 20, 2022

Ayam Goreng Lengkuas

Anda sedang mencari inspirasi resep Ayam Goreng Lengkuas yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal Ayam Goreng Lengkuas yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Ayam Goreng Lengkuas, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Ayam Goreng Lengkuas enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Ayam Goreng Lengkuas sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Ayam Goreng Lengkuas memakai 18 jenis bahan dan 8 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Source : Heny Rosita 7 juli 2019, minggu ke 26 #GoldenApronChallenge... Assalamualaikum, ini menu favorit keluargaku, ayam goreng yg atasnya ditaburi bumbu lengkuas goreng, rasanya mantul, apalagi anakku sukaa banget sampai lahap makannya πŸ˜πŸ˜‹... #BerburuCelemekEmas #Resolusi2019 #CookpadCommunity_Bandung

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Ayam Goreng Lengkuas:

  1. 500 gram ayam
  2. 100 gram lengkuas
  3. 1 batang serai (geprek)
  4. 2 lembar daun salam
  5. 2 lembar daun jeruk
  6. 2 sdm minyak goreng (untuk menumis)
  7. 1 buah jeruk lemon
  8. Secukupnya air
  9. Secukupnya garam
  10. Secukupnya gula
  11. Secukupnya kaldu bubuk
  12. Bumbu Halus :
  13. 4 siung bawang merah
  14. 2 siung bawang putih
  15. 2 butir kemiri
  16. 2 ruas jari kunyit
  17. 2 ruas jari jahe
  18. 1 sdt ketumbar (me: ketumbar bubuk)

Langkah-langkah untuk membuat Ayam Goreng Lengkuas

1
Cuci bersih ayam yg telah di potong lalu beri perasan air jeruk lemon, diamkan 5 menit kemudian cuci ayamnya lagi.
Ayam Goreng Lengkuas - Step 1
Ayam Goreng Lengkuas - Step 1
2
Cuci bersih lengkuas lalu parut / blender.
Ayam Goreng Lengkuas - Step 2
Ayam Goreng Lengkuas - Step 2
Ayam Goreng Lengkuas - Step 2
3
Haluskan bumbu lalu tumis lalu masukkan juga lengkuas parut, serai, daun salam dan daun jeruk hingga bumbu matang dan harum.
Ayam Goreng Lengkuas - Step 3
Ayam Goreng Lengkuas - Step 3
Ayam Goreng Lengkuas - Step 3
4
Tambahkan air secukupnya, garam, gula dan kaldu bubuk, masak hingga mendidih.
Ayam Goreng Lengkuas - Step 4
Ayam Goreng Lengkuas - Step 4
Ayam Goreng Lengkuas - Step 4
5
Setelah mendidih masukkan ayam dan masak hingga ayam matang dan airnya kering.
Ayam Goreng Lengkuas - Step 5
Ayam Goreng Lengkuas - Step 5
Ayam Goreng Lengkuas - Step 5
6
Pisahkan ayam dan bumbunya, kemudian goreng ayam hingga kekuningan, angkat dan tiriskan.
Ayam Goreng Lengkuas - Step 6
Ayam Goreng Lengkuas - Step 6
Ayam Goreng Lengkuas - Step 6
7
Goreng bumbu lengkuas hingga agak kecoklatan, angkat dan tiriskan.
Ayam Goreng Lengkuas - Step 7
Ayam Goreng Lengkuas - Step 7
Ayam Goreng Lengkuas - Step 7
8
Sajikan ayam goreng dengan taburan bumbu lengkuas yang sudah di goreng 😊..
Ayam Goreng Lengkuas - Step 8
Ayam Goreng Lengkuas - Step 8
Ayam Goreng Lengkuas - Step 8

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Ayam Goreng Lengkuas

Ayam Goreng Lengkuas

Recook resep ayam goreng yang pernah diposting beberapa waktu lalu untuk ikut meramaikan #pekanrayaayam #posbarayam #pekanposbarayam (meskipun udah telat yaa πŸ˜…)

Ayam Goreng Lengkuas

Ayam Goreng Lengkuas

Pertama kali bkin ayam goreng lengkuas...krn pikirku apa iya enak lengkuas diparut trus ikutan di goreng trus buat taburan di ayamnya..tapi...setelah nyoba ya Allah...bumbu lengkuasnya itu bs bkin nambah2 nasi...bumbu sama nasi anget aja udah enak bgt apalagi ditambah ayamnya plus sambel bagi yg suka...duh semoga timbangan segera geser ke kanan🀭 source: melz kitchen

Ayam goreng ungkep lengkuas

Ayam goreng ungkep lengkuas

Niatnya td mau beli bumbu jd ayam goreng lengkuas biar masaknya agak cepet tinggal cemplung trus ungkep... tp kelewatan waktu ke pasar hahaha.. ya udh deh cb ngeracik bumbu sendiri aja... Kl aku lengkuasnya diparut ya spy kl digoreng nanti jdnya ada serbuk2 lengkuasnya gitu😁 #berburucelemekemas#resolusi2019

Ayam goreng lengkuas

Ayam goreng lengkuas

#5 resep pertamaku

Ayam goreng lengkuas

Ayam goreng lengkuas

Paling suka sama olahan ayam ini karena ada bumbu rempah-rempah yang garing. Saya buat dalam jumlah banyak ya, jd resep saya tulis sesuai dengan banyaknya ayam yang saya buat. Resep minggu ke-2 #berburucelemekemas #resolusi2019 #cookpadcommunity_depok

30 potong
Ayam Goreng Lengkuas

Ayam Goreng Lengkuas

Kalo mau jadi serundeng tinggal ditambah kelapa parut ya. Cuma punya fillet ayam jadinya pakai dada ayam. Lebih cepet juga ngungkepnya.

Ayam goreng laos endezzzz

Ayam goreng laos endezzzz

Request dr adik....penyuka upin ipin...wkwkwk

5 porsi
Ayam Goreng Lengkuas

Ayam Goreng Lengkuas

Menu andalan yg bikin misoa nambah terus dan g bisa berhenti makan Silahkan mencoba

17. Sambel + lengkuas

17. Sambel + lengkuas

Pohon cabe ku berbuah lebat 😍 sebentar lagi Idul Adha... Bikin stok sambel 😁

Ayam goreng laos

Ayam goreng laos

Sudah lama rasanya gak masak ayam goreng laos,tibaΒ² kepikiran pengen bikin lagi,akhirnya pergi ke pasar beli ayam kampung lalu eksekusi dehπŸ˜†

Ayam goreng lengkuas

Ayam goreng lengkuas

Sudah lama sekali tidak masak ayam goreng ini,hari ini kepengen sekali makan ayam goreng lengkuas langsung dech eksekusiπŸ€— #tantanganakhirtahun #masakditahunbaru

Ayam Laos Enak dan Gurih

Ayam Laos Enak dan Gurih

Request suami hari ini menunya minta ditambahin ayam laos kesukaannya, mumpung tadi pagi belanja ayam, awalnya sih mau dibuat ayam kecap tapi suami minta dibuat ayam laos seperti biasanya aku buat, kata suami juga anak anak enak banget gak kalah sama kita beli diluarπŸ˜„ kalau bikin ayam laos ini bikin seru makannya pada berebut minta nambah taburan lengkuasnya, pokoknya mantaaaaaap banget.

Ayam goreng lengkuas

Ayam goreng lengkuas

Masakan rumahan biasa saja,sangat Mudah,dan bisa buat stok ungkepan dikulkas.. #resolusi2019 #cookpadcommunity_magelang #saturesepsatupohon #teamtrees #onerecipeonetree

Ayam Rempah / Ayam Laos Hemat dan Mudah

Ayam Rempah / Ayam Laos Hemat dan Mudah

Ayam rempah ini praktis dan enak banget lho moms, bisa disimpan dikulkas, jadi bisa digoreng sewaktu-waktu. Pas banget buat mommy dg kesibukan yg padat atau cocok juga disimpan saat ramadhan, saat saur dan berbuka jadi praktis dan cepat.

10 potong
1 jam
Ayam Goreng Lengkuas

Ayam Goreng Lengkuas

Anak Mbarep Paling Suka Ayam Goreng Lengkuas, Dlu Pernah Bikin Tapi Lupa Sama Caranya Jadi Nyari Resep2 Lagi.. Nemu Resepnya Ci Melz, Cucok Di Lidah Anak.. Ya Wis.. Di Catet di Cookpad, Biar Mamak Tidak Lupa.. hehe Trima Kasih Ci Utk Resepnya.. ❀️ #pejuanggoldenapron3

Ayam Ungkep bumbu Lengkuas

Ayam Ungkep bumbu Lengkuas

Assalamualaikum buibuu..Sudah minggu sore, besok kerja lagii πŸ˜… Mulai prepare segala perbekalan nih, salah satunya ayam ungkep ini. Salah satu menu favorit suami dan juga istri karena bisa di simpan dalam kulkas, tinggal goreng kalo lagi kesiangan πŸ˜‚