Ayam goreng Lengkuas

Dipos pada February 20, 2022

Ayam goreng Lengkuas

Anda sedang mencari inspirasi resep Ayam goreng Lengkuas yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal Ayam goreng Lengkuas yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Ayam goreng Lengkuas, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Ayam goreng Lengkuas enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Ayam goreng Lengkuas sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Ayam goreng Lengkuas memakai 16 jenis bahan dan 9 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Baru pertama kali coba karena penasaran Ternyata anak dan suami pada sukak..

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Ayam goreng Lengkuas:

  1. 500 gr ayam
  2. 200 gr lengkuas (parut)
  3. 3 lbr daun jeruk
  4. 3 lbr daun salam
  5. 2 btg serai (geprek)
  6. Secukupnya gula
  7. Secukupnya garam
  8. Secukupnya air (utk ngungkep)
  9. Secukupnya minyak (utk mengoreng)
  10. Bumbu halus :
  11. 5 siung bawang merah
  12. 3 siung bawang putih
  13. 3 butir kemiri
  14. 1 sdm ketumbar bubuk
  15. 1 sdt kunyit bubuk
  16. 1 ruas jahe

Langkah-langkah untuk membuat Ayam goreng Lengkuas

1
Cuci bersih ayam, sisihkan
2
Ulek / blender bumbu halus, dan parut lengkuas, sisihkan
3
Tumis bumbu halus, masukan daun jeruk, daun salam, serai dan parutan lengkuas tumis sampe harum
4
Masukan ayam aduk rata, dan di tambah kan air secukup nya
5
Tambah kan garam, gula, kaldu secukup nya, masak sampai air menyusut dan bumbu meresap
6
Pisahkan ayam dan bumbu
7
Goreng ayam terlebih dahulu sapai kuning keemasan, angkat dan sisihkan
8
Saring sisa bumbu ungkepan. Goreng sampai kecoklatan
9
Taburi di atas ayam yg sudah di goreng

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Ayam Goreng Lengkuas

Ayam Goreng Lengkuas

Kemarin malam dapet surat cinta dr mamah Cookpad, katanya hari ini udah mulei #WeekendChallenge dengan tema Ayam πŸ”πŸ“ Kebetulan lagi pengen makan Ayam Goreng Lengkuas nih.. Source : Biyay (Tapi lengkuas nya saya blender soalnya ga punya parutan hhii...) #cookpadcommunity_bandung #cookpadcommunity_karawang #resolusi2019 #weekendChallenge

5 porsi
Ayam goreng lengkuas

Ayam goreng lengkuas

Praktis,tinggal goreng secukupnya kalo mau mkn😘

banyak
Ayam Bumbu | Ayam Bumbu Lengkuas

Ayam Bumbu | Ayam Bumbu Lengkuas

Perdana bikin Ayam Bumbu ala Rumah Makan Padang dan hasilnya taraaaaaa,,,, berhasiiilll 😊 Pagi2 telpon mamak buat nanyain kalo mau bikin ayam bumbu, bahan dan cara bikinnnya gimana,, dan ternyata setelah diikutin instruksi dari mamak, hasilnya dan rasanya gak kalah dari ayam bumbu yang ada di rumah makan Padang 😁😊 Untuk yang perdana bikin ayam bumbu lengkuas ini gak ribet kok bahan dan cara bikinnya 😊 #lovemama #resepdariibu #5resepterbaruku

Ayam Goreng Lengkuas

Ayam Goreng Lengkuas

resep ini cocok bagi bu-ibu yang harus berangkat kerja pagi-pagi. Jadi di kala senggang, bisa memasak sekalian banyak, kemudian disimpan di freezer dan digoreng ketika dibutuhkan.

10-12 porsi
kurlep 1 jam an
Ayam Goreng Lengkuas ❀

Ayam Goreng Lengkuas ❀

Menu favorit di rumah, bikin sekali banyak. Gak semua di goreng, sebagian disimpan dikulkas. Kalo lagi rempong, gak susah lagi, tinggal goreng aja. Anak-anak pada suka πŸ˜‹ Kalo masuk bulan puasa, aku selalu bikin ini 3 sampe 5 kali lipat. Persediaan buat sahur πŸ˜‚ anakku semangat soalnya kalo sahur pake ayam goreng ini. Repot cuma diawal, kalo udah jadi, besok besok kalo lagi datang malas, atau lagi rempong,,,tinggal goreng aja. Makan pake sambel kecap juga enak banget lohπŸ˜‹ Bisa dijual jadi frozen food juga loh, tinggal dimasukkan ke dalam plastik vacuum aja kalo mau di jual, terus dibekuin πŸ™‚ #PejuangGoldenApron3 #GoldenApron3 #PejuangDapur #OlahanAyam #AyamUngkep #AyamBumbu #MenuSahur #MenuDisaatRempong

Ayam Goreng Rempah (Lengkuas) #5resepterbaruku

Ayam Goreng Rempah (Lengkuas) #5resepterbaruku

Pertama kali buat ayam goreng lengkuas ini awalnya karna Request dari suami tersayang yang minta dibuatin Ayam Goreng Lengkuas ini kaya orang ngidam... Ya sudah dituruti aja sambil tanya-tanya cara buatnya dari mama

4 - 5 orang
Ayam Ungkep Lengkuas

Ayam Ungkep Lengkuas

Ungkep ayam biar pas males masak tinggal goreng buat anak2....

Ayam goreng bumbu lengkuas (kremes) #12

Ayam goreng bumbu lengkuas (kremes) #12

Bangun pagi kk alandra bilang kalo kepengen ayam goreng bumbu kremes, setelah sarapan kita bikin ayam yang dimaksut. #3weekschallenge

Ayam ungkep lengkuas

Ayam ungkep lengkuas

Bisa buat stok, klo pengen tinggal goreng πŸ€—

Ayam ungkep bumbu lengkuas

Ayam ungkep bumbu lengkuas

Makanan favorit keluarga πŸ‘¨β€πŸ‘©β€πŸ‘¦ #AhlinyaAyam #SiapRamadan

Ayam Goreng Lengkuas

Ayam Goreng Lengkuas

Resep ini terinspirasi dari resepnya @dapoer_ibuksultan .. karena lagi pengen ayam goreng yg kayak dijual di RM.Padang.. Kebetulan stock ayam di kulkas tinggal 3 potong, jadi saya bikin bumbunya sesuai porsi.. Tapi, karena stock cabe ijo nya sedikit, jadi saya tidak bikin sambal ijo sebagai pelengkap. Saya lengkapi dengan sambal bawang dari cabe rawit setan. Resep sambal bawang nya nyusul yaa.... Hehe. Btw, saya makannya pakai nasi uduk ekspress bikin sendiri, 1 panci magic com sampai habis dimakan berdua sama suami. Beneran ngabisin nasi deh. Mantull pokoknya. πŸ˜πŸ‘ #PejuangGoldenApron2

3 porsi
Ayam Brewok / Ayam Goreng Lengkuas

Ayam Brewok / Ayam Goreng Lengkuas

Bosen dengan olahan ayam goreng yg gitu* aja jadi cuuuss coba bikin ayam brewok ini .. Enak banget haruuum kaya rempah 😁😁 Jadi tambah lupa sama dietnya 🀦🀦 Sebenernya lengkuasnya bisa diblender / diulek / diparut cuma aku coba diparut biar gak terlalu lembut opsional aja siihh ya banyaknya juga suka* , kalau aku lebih suka agak banyakan begini sampe gak keliatan mana ayam gorengnya πŸ˜‚πŸ˜‚ kalau kurang suka tinggal dikurangi jumlah lengkuasnya .. Bisa jadi stock di freezer juga setiap mau makan tinggal goreng .. #AhlinyaAyam #SiapRamadan Minggu ke - 15 #BerburuCelemekEmas #Resolusi2019

Ayam ungkep bumbu lengkuas

Ayam ungkep bumbu lengkuas

Bismillah habis dari pasar buat stok ayam ungkep dulu. Ini bumbu nya lebih banyak lengkuas nya. Bisa sih cuma pakai bumbu dasar, nanti bumbu nya mau di goreng buat taburan 🀭 #PekanPosbarProtein #UngkepanRasaHatimu #KampoengRamadan #MeolahCaruan_Ungkepan #KulaEtamCoCoK #Cookpadcommunity_Borneo #Cookpadcommunity_Kaltim #Cookpadcommunity_Samarinda

Ayam goreng bumbu lengkuas

Ayam goreng bumbu lengkuas

ini resep versi saya, mgkin sdkit beda dengan versi lain. bumbunya sendiri g saya goreng karena bikin minyak jadi item😊

Ikan goreng lengkuas gress

Ikan goreng lengkuas gress

Saya terinspirasi masak ikan laut karena Marasa sedikit jenuh dg menu ayam dan daging (moment idul Adha). Meskipun pic ikan TDK tertata rapi insyaAllah resep ini enduul #pejuanggoldenapron3 #minggu11

3 ikan
50 menit
Ayam goreng lengkuas

Ayam goreng lengkuas

Memenuhi notif dr mama cookpad dg tema #PekanRayaAyam terlintas hati & pikiran ingin membuat ayam yg simple2 aja dg bahan2 yg memang sdh tersedia, Ayam goreng lengkuas ini jd pilihan saya utk mengikutinya. Walaupun hrsnya posbar dr pekan kemarin tak mematahkan niat saya utk membuatnya...πŸ˜‹πŸ˜Š Have a nice day CookpadersπŸ€—β€

Ayam goreng lengkuas

Ayam goreng lengkuas

Pagi cp squads dimanapun kamu berada, gimana kabar dapur pagi ini,, saya dong masih berantakan πŸ˜…, tapi kl gak berantakan berarti kita gak bisa berkreasi ya gengs. Ok pagi jni mau share resep ayam goreng lengkuas. Emm wangi banget gak sihh?? Kl gak percaya coba deketin aja idungnya ke layar 🀭. Alhamdulillah menu ini jadi masakan kesukaan anak", sampai yang kecil juga suka di cocol" bumbunya emm yummi ya,, baiklah gengs simak yuk resrp san carbut nya, resep ini juga saya maksudkan untuk ikut meramaikan acara #Onerecipeonetree #Cookpadcommunity_Bogor