Ayam Goreng Lengkuas

Dipos pada February 22, 2022

Ayam Goreng Lengkuas

Anda sedang mencari inspirasi resep Ayam Goreng Lengkuas yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal Ayam Goreng Lengkuas yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Ayam Goreng Lengkuas, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Ayam Goreng Lengkuas enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Ayam Goreng Lengkuas sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Ayam Goreng Lengkuas memakai 17 jenis bahan dan 12 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Ayam Goreng Lengkuas:

  1. 1 kg Ayam
  2. Secukupnya Lengkuas
  3. 1 ruas Kunyit
  4. 2 siung Bawang Putih (ukurannya besar/secukupnya)
  5. 2 siung Bawang Merah (secukupnya)
  6. 1 batang Serai
  7. 2 lembar Daun Salam
  8. 1 sachet Penyedap Rasa
  9. secukupnya Merica Bubuk
  10. Bahan Sambal:
  11. 10 buah Cabai Rawit
  12. 5 buah Cabai Merah Keriting
  13. 2 siung Bawang Merah
  14. 2 siung Bawang Putih
  15. secukupnya Gula Merah
  16. secukupnya Penyedap Rasa
  17. 1 bungkus Terasi

Langkah-langkah untuk membuat Ayam Goreng Lengkuas

1
Siapkan semua bahan
Ayam Goreng Lengkuas - Step 1
2
Haluskan bumbu seperti bawang merah, bawang putih dan kunyit
Ayam Goreng Lengkuas - Step 2
3
Setelah dikupas kulit lengkuasnya, parut
4
Masukan kedalam wajan ayam, bumbu yang sudah dihakuskan, lengkuas yang sudah diparut, serai, daun salam, merica bubuk dan penyedap rasa, Tambahkan air sampai ayam terendam
5
Godok sampai ayam matang dan air surut
6
Panaskan minyak dan goreng ayam sampai kering (berikut parutan lengkuasnya). Angkat dan tiriskan
7
Lalu buat sambalnya
Ayam Goreng Lengkuas - Step 7
8
Tumis semua bahan dengan sedikit minyak sampai layu (kecuali gula merah dan penyedap rasa)
9
Ulek semua bahan dan tambahkan gula merah dan penyedap rasa
10
Sajikan ayam goreng lengkuas berikut sambalnya
11
Ayam Goreng Lengkuas - Step 11
12
Ayam Goreng Lengkuas - Step 12

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Goreng ayam lengkoas penyet jablay

Goreng ayam lengkoas penyet jablay

Penasaran sama goreng ayam yg lg trend, coba coba dirumah ternyata bisa jg, pedes ny jg lebih mantulll

Ayam goreng lengkuas

Ayam goreng lengkuas

Panen lengkuas dpn rmh lgsg eksekusi jadilah ayam goreng lengkuas #pejuanggoldenapron3week1

5 orang
2jam
Ayam goreng bumbu lengkuas (kremes) #12

Ayam goreng bumbu lengkuas (kremes) #12

Bangun pagi kk alandra bilang kalo kepengen ayam goreng bumbu kremes, setelah sarapan kita bikin ayam yang dimaksut. #3weekschallenge

Ayam bumbu lengkuas

Ayam bumbu lengkuas

Anak ke 2 sangat suka makan ayam, jadi saya buat ayam untuk stok. Kalau mau makan tinggal digoreng #5resepterbaruku

35 menit
Ayam goreng lengkuas

Ayam goreng lengkuas

Paling suka sama olahan ayam ini karena ada bumbu rempah-rempah yang garing. Saya buat dalam jumlah banyak ya, jd resep saya tulis sesuai dengan banyaknya ayam yang saya buat. Resep minggu ke-2 #berburucelemekemas #resolusi2019 #cookpadcommunity_depok

30 potong
Ayam Goreng Lengkuas

Ayam Goreng Lengkuas

Menu paling favorite tapi baru ini masak sendiri menu ini. Hasilnya top markotop, endolita manjah ulala deh moms pokoknya. #RamadhanPenuhIdeMasakan #DiRumahAja

Ayam Goreng Lengkuas

Ayam Goreng Lengkuas

Semua menu ayam itu makanan favorit d rumah.. Makanya mesti masak yg bervariasi.. Ini enak gurih dan pasti semua suka ayam goreng.. πŸ˜„πŸ˜ Source: Amii aLandra (Dg sedikit perubahan) #PejuangGoldenApron3

Ayam goreng lengkuas

Ayam goreng lengkuas

4 orang
1 jam 30 menit
Chicken Drummette Laos

Chicken Drummette Laos

#ahlinyaAyam #cookpadcommunity_nganjuk #resolusi2019 #berburucelemekemas pas banget ank2 seneng bgt dg ayam goreng..πŸ—πŸ½

12 pcs
Ayam Goreng Lengkuas Bun'Nies

Ayam Goreng Lengkuas Bun'Nies

Ayam goreng andalan saya, selalu sy nyimoen di. Kulkas stelah masak ini jd kalo butuh lauk tinggal goreng

30porsi
45min
Ayam Goreng Lengkuas

Ayam Goreng Lengkuas

Si kecil minta dibikinin ayam goreng,nggk bosan2nya,tapi benar enak juga sich....πŸ˜‹πŸ˜‹πŸ˜‹

Ayam goreng Lengkuas

Ayam goreng Lengkuas

Resep kali ini aku buat dari hasil recook resepnya bunda Priska cara buatnya sangat praktis udah gitus rasanya enak banget😊😊 #AksiDutaRecook #DutaRecookTanjungSelor #PriskaSQUAD #Cookpadcommunity_tanjungselor #Cookpadcommunity_Borneo #Cookpadcommunity_Pontianak #GA_Thenextlevel

Ayam Goreng Lengkuas

Ayam Goreng Lengkuas

Request extra lengkuasnya 😁 Enak banget di makan pake nasi + sambel πŸ‘Œ Saya masak hanya untuk 2 orang ya, jadi kalau mau lebih banyak resep bisa di kali 2 atau 3 lebih banyak.

2 porsi
Nasu Manu Lekku (Ayam Lengkuas)

Nasu Manu Lekku (Ayam Lengkuas)

Menjelang lebaran, tes resep dulu. ini salah satu menu #HidanganAyamLebaran di kampung yang wajib ada di atas meja pas hari raya yah meskipun tampilannya tak sama dengan buatan mama, setidaknya rasa masih sama. soalnya di sini ga ada lengkuas parut, yg ada parut sendiri, jadi sy blender aja πŸ˜‚. Kalo di kampung, cukup ke pasar, lengkuas parut ada di mana2, mau yg halus mau yg kasar, semuanya adaπŸ‘ Ayamnya juga saya belinya cuma paha sama sayap soalnya itu favorit saya hehehehe #AhlinyaAyam #SiapLebaran

Ayam goreng lengkuas

Ayam goreng lengkuas

Versi ayam lebih lama ungkep yah dibanding lele Jgan lupa cek rasa sblum dihidangkanπŸ˜‰ Aku suka ngemil&masakkkπŸ˜‹πŸ˜

Ayam Ungkep Goreng Laos

Ayam Ungkep Goreng Laos

Kadang kadang suka ngga sempet masak yg ribet klo pas weekday, jadi saatnya kita bikin ayam ungkep, bisa d simpen d kulkas, Dan sewaktu waktu tinggal goreng plus bikin sayur aja... 😁

8pcs
Ayam goreng lengkuas

Ayam goreng lengkuas

Comfort food kalau lagi kangen rumah. Dimakan dengan nasi hangat dan kecap manis. Ya ampun, surga! Hahah :P

5-6 orang
1 jam 30 menit
Ayam Goreng Laos

Ayam Goreng Laos

Sering banget makan ini di warung belakang kampus dulu, tetiba pengen recook. Guriiih banget!

5 porsi
45 menit