Ayam Goreng Lengkuas

Dipos pada February 17, 2022

Ayam Goreng Lengkuas

Anda sedang mencari inspirasi resep Ayam Goreng Lengkuas yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal Ayam Goreng Lengkuas yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Ayam Goreng Lengkuas, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Ayam Goreng Lengkuas enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Ayam Goreng Lengkuas sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Ayam Goreng Lengkuas memakai 18 jenis bahan dan 8 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Ayam Goreng Lengkuas:

  1. 1,5 kg ayam
  2. 350 gram lengkuas (kupas, blender)
  3. 1 liter air kelapa
  4. 2 batang serai
  5. 2 buah jeruk nipis
  6. 3 lembar daun salam
  7. 4 sendok teh garam
  8. 2 sendok teh gula
  9. 2 sendok makan air asam jawa
  10. Penyedap rasa
  11. Bumbu dihaluskan
  12. 10 siung bawang merah
  13. 5 siung bawang putih
  14. 5 cm jahe
  15. 10 cm kunyit
  16. 5 lembar daun jeruk
  17. 5 buah kemiri
  18. 1 bungkus ketumbar (kurang lebih 2 sdt)

Langkah-langkah untuk membuat Ayam Goreng Lengkuas

1
Bersihkan ayam. Lumuri dengan air jeruk nipis dan 2 sdt garam, diamkan kurang lebih 15 menit.
2
Masukkan air kelapa pada wajan. Tambahkan bumbu halus, lengkuas, serai, daun salam, air asam jawa, 2 sdt garam, 2 sdt gula, penyedap. Tunggu sampai mendidih.
3
Setelah mendidih masukkan ayam. Gunakan api sedang sampai air menyusut.
4
Setelah air menyusut, angkat ayam dari wajan.
5
Saring sisa air rebusan, pisahkan lengkuasnya.
6
Goreng ayam sampai kecoklatan.
7
Goreng lengkuas sampai kecoklatan.
8
Ayam goreng lengkuas siap dihidangkan bersama sambal.

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Ayam Laos Anti Ribet

Ayam Laos Anti Ribet

Bumbu tradisional memang ga ada abisnya dikreasikan. Siang ini, lauk pendamping sayur asemnya, ayam laos. Kriuk butiran laosnya hehe, anti ribet bet bet bet.. yuk dicoba! #PejuangGoldenApron2

3 porsi
Ayam srondeng lengkuas

Ayam srondeng lengkuas

Ayam sronndeng g ribet pake banget #ahlinyaayam #berburucelemekemas

Ayam Goreng Lengkuas

Ayam Goreng Lengkuas

Favorit.. Digoreng garing lebih enak (tp jgn sampai keras gorengnya).

Ayam goreng lengkuas

Ayam goreng lengkuas

Akhirnya bisa bikin ayam goreng lengkuas yang remahannya enak bener walaupun pake nasi aja wkwkwk.. Aku dapet resep dari mba Vy

Ayam goreng laos

Ayam goreng laos

Fav satu keluarga niy ayam goreng laos...bumbunya pas gurih,enak niy di makan sama sambal+lalapan+nasi hangat...cobain yuk bunda2....

Ayam goreng lengkuas

Ayam goreng lengkuas

Supaya praktis kalo lagi males masak. Jadi aku buat ungkepan ayam, jd kalo mau mkn tinggal digoreng.

Ayam Lengkuas

Ayam Lengkuas

#siapramadan . . Source:Dapur Humaira Sedikit ada yg ak ubah or ak tmbh resepnya ya...sedikit modifikasi

*ayam goreng lengkuas*

*ayam goreng lengkuas*

Sabtu 08.06.19.. Ayam goreng ini saya buat untuk lauk dari ketupat sayur,karena setiap lebaran kalau dirumah ga pernah masak opor ayam,kan sayurnya godognya sudah bersantan terus kalau ayamnya dimasak opor berarti ketemu santan lagi dong. Jadi seperti inilah tradisi setiap lebaran dikeluarga kami. #siaplebaran #hidanganlebaran #berburucelemekemas #resolusi2019 #cookpadcommunity_depok

Ayam Goreng Laos Super Lembut 😍😍#0003

Ayam Goreng Laos Super Lembut 😍😍#0003

Menu yang satu ini makan favorit orang rumah😍😍🤩,, buatnya gampang bangat bisa jadi stok di kulkas kalau mau makan langsung goreng,, awet disimpan 5hari loh bunda 😁😁 karna ayam ini lembut sering dapat orderan ayam laos juga loh bunda selamat mencoba #5resepterbaruku

Udang bumbu lajakutu(laos, jahe, kunyit, ketumbar)

Udang bumbu lajakutu(laos, jahe, kunyit, ketumbar)

Menu simpel dan praktis ...tpi tetep enak

Ikan tongkol goreng lengkuas

Ikan tongkol goreng lengkuas

disajiin begini aja udah enak banget,bisa dicocol sambel juga. bikinnya teteup mah praktis. cucok buat yang gak punya banyak waktu untuk masak.

Ayam dan tempe goreng lengkuas

Ayam dan tempe goreng lengkuas

salah satu olahan ayam yang aku suka dari aku kecil..kalo sudah makan ayam rempah ini ga pake lauk lain lagi krn rempahnya aku suka unyek2 dinasi panas...dan ternyata setelah punya anak balita eh dia juga suka ayam dimasak rempah begini..

3 orang
20menit
Ayam ungkep lengkoas

Ayam ungkep lengkoas

pak suami yg sukanya lauknya ayam goreng lagi ayam goreng lagi kudunya bikin ayam ungkep yg banyak biar bs buat stok lauk

Ayam goreng lengkuas

Ayam goreng lengkuas

Kemarin q bikin ayam goreng lengkuas ini banyak bgt. Sekalian buat stok di kulkas. Karena besoknya mau nganterin mertua operasi glukoma. Enak kan kalo udah punya stok lauk. Tinggal goreng2 aja. Aku cemplungin tempe juga diungkepannya karena mertua terus mengeluh bosan dengan ayam. & hasilnya sungguh perfect. Resep disini q bikin ukuran 1 kg ayam aja ya. Bumbu2nya q blender semua biar lebih praktis. Tapi kalo mau diparut juga boleh banget.

1 kg
1 jam