Sayap goreng lengkuas

Dipos pada February 16, 2022

Sayap goreng lengkuas

Anda sedang mencari inspirasi resep Sayap goreng lengkuas yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal Sayap goreng lengkuas yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Sayap goreng lengkuas, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Sayap goreng lengkuas enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Adapun jumlah porsi yang bisa dihidangkan untuk membuat Sayap goreng lengkuas adalah 2 orang. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Sayap goreng lengkuas sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Sayap goreng lengkuas memakai 20 jenis bahan dan 5 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Bosen masak ayam goreng tepung, nyobain sayap goreng lengkuas. Nikmat bun, penambah nafsu makan keluarga di rumah.

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Sayap goreng lengkuas:

  1. 1/2 kg sayap ayam
  2. Bumbu ungkep
  3. 3 siung bawang putih
  4. 3 siung bawang merah
  5. 2 butir kemiri
  6. secukupnya Ketumbar
  7. 1 ruas jahe
  8. 1 ruas kunyit
  9. 2 cm kencur
  10. secukupnya Lada
  11. Sangrai semua bumbu mentah kemudian dihaluskan
  12. Daun salam dan 2cm lengkuas utuh untuk bumbu ungkep
  13. Bumbu lengkuas
  14. 2 bongkol lengkuas atau 200gr lengkuas diparut
  15. 8 siung bawang putih
  16. 6 siung bawang merah
  17. 2 butir kemiri
  18. 1 cm jahe
  19. 2 cm kunyit
  20. Penyedap rasa dan garam secukupnya sesuai selera 😊

Langkah-langkah untuk membuat Sayap goreng lengkuas

1
Tips memasak ayam boiler : rebus ayam yang sudah di cuci bersih hingga mendidih. Setelah itu buang airnya dan cuci dengan air mengalir. Lalu rebus lagi ayam nya hingga mendidih dan buang lagi airnya dan cuci lagi dengan air mengalir. (Merebus ayam tanpa bumbu ini dilakukan 2x untuk menghilangkan bau tidak sedap pada ayam)
2
Masukkan bumbu ungkep yang sudah dihaluskan dan beri air secukupnya. Masak dengan sistem 7-30-5 (masak 7 menit- matikan kompor - diamkan dalam keadaan tertutup selama 30 menit - kemudian masak lagi selama 5 menit) metode ini agar ayam yang diungkep empuk dan matang sampai daging bagian dalam.
Sayap goreng lengkuas - Step 2
3
Haluskan bumbu lengkuas dan parut lengkuasnya. Setelah itu campur bumbu dengan lengkuas.
Sayap goreng lengkuas - Step 3
Sayap goreng lengkuas - Step 3
4
Ayam yang sudah selesai diungkep, di goreng hingga garing (biar krispi pas dimakan) 😁πŸ₯°
Sayap goreng lengkuas - Step 4
5
Setelah semua ayam di goreng, tumis bumbu lengkuas dan masak hingga kering atau kecoklatan. Jangan lupa tambahkan penyedap rasa dan garam secukupnya. Setelah bumbu kering, tuang bumbu ke atas ayam yg sudah di goreng. Dan voila...sayap goreng lengkuas siap di makan dengan nasi anget 😊😘πŸ₯°. Selamat mencoba bunda 😊
Sayap goreng lengkuas - Step 5
Sayap goreng lengkuas - Step 5

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Ati ampela (ayam) goreng lengkuas

Ati ampela (ayam) goreng lengkuas

Walaupun orang seisi rumah ga begitu suka ati, walaupun hanya mommy yang suka ati gpp deh bikin aja, judul nya masak.. Masak sendiri, makan.. Makan sendiri, tapi beneran enak deh...mommy bawa kerumah teman sambil makan siang bareng, ternyata malah teman-teman mommy bilang enak, mereka pada nambah malah πŸ˜€

10 potong
Ayam goreng lengkuas

Ayam goreng lengkuas

Panen lengkuas dpn rmh lgsg eksekusi jadilah ayam goreng lengkuas #pejuanggoldenapron3week1

5 orang
2jam
Sambal matah n ayam lengkuas

Sambal matah n ayam lengkuas

Untuk sambal matah tiap resep n cara org memang beda2,saya sdikit modif sesuai selera saya...

Ayam goreng lengkuas

Ayam goreng lengkuas

#PejuangGoldenApron3 #CABEKU #SerbaSerbiOlahanAyam #cookpadcommunity_malang

Ayam goreng lengkuas plus sambel lombok ijo

Ayam goreng lengkuas plus sambel lombok ijo

Menu ini favoritnya kangmas. Kemaren minta dibikinin ayam goreng lengkuas. Padahal belum lama ini udah saya bikinin. Ya karna emang menu favorit bgt makanya gak ada bosannya minta dibikinin terus. Hehehe.... Oke sayang ini udah ku buatin ayam goreng lengkuasnya. Seperti biasa dong, makannya selalu nambah kalo lauknya sesuai sm request nya. Ngeliat kangmas makannya lahap, saya kan jadi makin bahagia dan makin semangat utk belajar masak terus menerus ^_^ #PejuangGoldenApron3 #resepmingguke35

39. Daging Sapi Goreng Lengkuas

39. Daging Sapi Goreng Lengkuas

#StarOfTheRecook kali ini mbak Lulut Firmahani M 😊 Menu recooknya saya pilih resep Ayam Goreng Lengkuas tapi ayamnya saya ganti daging sapi. Jarang masak daging karna teknik ngempukinnya suka bikin gak sabaran, justru api kompor dibiarin nyala. Waktunya lebih lama, Gas nya lebih cepet abis πŸ˜… Kali ini "nyapi" aja gapapa, pengen tau daging sapi kalo dilengkuasin rasanya gimana. Hmm, enak juga ternyata, yg penting bumbunya meresap, udah pasti manteb πŸ‘Œ #RecookCoboy #CookpadCommunity_Surabaya #RecookCoboyLulut #PejuangGoldenApron3

Ayam ungkep lengkuas

Ayam ungkep lengkuas

Cukup unik karena dibantu oleh dua lelaki untuk ngulek bumbu, dikarenakan cobeknya terlalu besar sekali (alias kecil). #5resepterbaruku #resepterbaruku #tantanganmingguan

Ayam rica-rica bumbu lengkuas

Ayam rica-rica bumbu lengkuas

Alhamdulillah tiap hari dapat pesanan ketring buat kantor teman. Kadang bingung mau masak ayam dengan resep apa lagi. Bosan juga kalau cm ayam kecap, saos padang dan goreng tepung saja. Liat ada lengkuas, cabe merah besar, bawang putih. Jadi buat rica-rica bumbu lengkuas. Hehe alhamdulillah enak dagingnya empukk MasyaAllah.

7 orang
1 jam
Ayam Goreng Lengkuas

Ayam Goreng Lengkuas

Enak dan gurih kata suami saya ,ntah kenapa saya gak begitu suka πŸ˜… mungkin lidah saya radak katrok kali ya πŸ˜‚πŸ˜‚

3porsi
30menit
Ayam Goreng Lengkuas πŸ’•

Ayam Goreng Lengkuas πŸ’•

Dulu sewaktu masih single, saya suka sekali belajar masak-memasak. Karena memang saya indekos di Malang sendirian. Karena bosan dengan ayam goreng yang biasa-biasa aja. Saya akhirnya memberanikan diri mencoba membuat ayam goreng lengkuas. Skeptis, karena belum pernah nyoba dan belum pernah ngerasain πŸ˜‚. Setelah jadi, saya malah suka dan ketagihan. Alhamdulillah, jadi favorit suami. Sering beliau request untuk dibuatkan ayam goreng lengkuas. Rasanya nagih, karena emang krenyes-krenyes enakk. Selamat mencoba πŸ€—.

3 porsi
Ayam goreng laos

Ayam goreng laos

Beli ayam kampung tinggal sebelah, dipotong jadi 4. Saking pinginnya makan ayam goreng laos, sampe lupa cekrek..cekrek..ayam yang sudah digoreng, keburu ludes abis kemakan. Lalu tampilah ayam goreng yang sedang digoreng. Mohon dimaapkeun karena tidak bisa menayangkan ayam yang ready to eat.

Ayam goreng lengkuas

Ayam goreng lengkuas

Sekali masak bisa dapat dua menu ayam goreng lengkuas plus kremesan.. Mantap makanya ditemani sambel sama lalapan pas cuaca hujan β˜” duh smakin nikmat.. πŸ—πŸšπŸ΄ #masakditahunbaru#ayamgorenglengkuas#kremesan

Bandeng Kuah Kecap

Bandeng Kuah Kecap

Makanan fav ku nih.. #PejuangGoldenBatikApron #CookpadIndonesia #KeDapurAja #MasakItuSaya #KamuInspirasi #CookpadCommunity_Tangerang #PekanPosbar #Dikecapinaja

Ayam Goreng Lengkuas Praktis

Ayam Goreng Lengkuas Praktis

Coba coba berhasil 😍. Bermodalkan beberapa bahan. Jadi ayam goreng ala resto yg lengkuas nya panjang2. Tips di bawah ya

Daging sapi goreng bumbu lengkuas

Daging sapi goreng bumbu lengkuas

Pertama eksekusi bumbu lengkuas nih dan hasilnya enak gurih dan berasa bimbunya.tekhnik memasak daging dengan metode 5.30.7 ya berhasil untuk daging sapi,daging ayam kampung,sagu mutiara,dan kacang hijau jadi lebih hemat gas bunds😊.kali ini pakai sambal bawang resep ada dipostingan sebelumnya ya bunds.semoga bermanfaat😊

Ayam goreng lengkuas bumbu racik

Ayam goreng lengkuas bumbu racik

Sesekali boleh dong emak masak pakai bumbu tinggal plung. Hehe. Saya tambah parutan lengkuas, jadi tambah enyaaak #cookpadcommunity_depok

3-4 orang
30-45 menit
Ayam goreng lengkuas

Ayam goreng lengkuas

Enak dan bikinnya pun mudah.. seperti ayam goreng dirumah makan.. #berburucelemekemas