Ayam Bakar Bumbu Lengkuas

Dipos pada February 16, 2022

Ayam Bakar Bumbu Lengkuas

Anda sedang mencari inspirasi resep Ayam Bakar Bumbu Lengkuas yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal Ayam Bakar Bumbu Lengkuas yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Ayam Bakar Bumbu Lengkuas, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Ayam Bakar Bumbu Lengkuas enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Ayam Bakar Bumbu Lengkuas sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Ayam Bakar Bumbu Lengkuas memakai 18 jenis bahan dan 4 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Assalamualaikum.. Aku kali ini mau bagiin resep ayam bakar bumbu lengkuas, resep ini dr sajiansedap. Hsil seraching dr ig mbk cantik @sukmawati_rs. Rasanya enak, manis gurih gitu, wangi lengkuas pastinya.. Oiaa ada yg aku skip, soalnya stok lg kosong.. πŸ˜†πŸ˜† . . #ayambakar #ayambakarlengkuas

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Ayam Bakar Bumbu Lengkuas:

  1. 1 ekor ayam (sya 1/2 kg)
  2. 2 sdm kecap manis
  3. Gula, garam
  4. 300 ml santan dr 1/2 butir kelapa
  5. Minyak untuk menumis
  6. Bumbu halus :
  7. 5 cabe merah besar (me skip)
  8. 8 bw merah
  9. 4 bw putih
  10. 12 cm lengkuas parut (me ukuran besar)
  11. 3 cm kunyit uk besar
  12. 1 keping terasi bakar (me skip)
  13. 2 cm kencur
  14. Bumbu pelengkap :
  15. 2 batang serai
  16. 3 lbr daun jeruk
  17. 2 cm jahe
  18. 2 lbr daun salam

Langkah-langkah untuk membuat Ayam Bakar Bumbu Lengkuas

1
Potong ayam menjadi beberapa bagian. Cuci bersih. Boleh tambahkan air jeruk nipis. Sisihkan.
2
Tumis bumbu halus dan bumbu pelengkap sampai matang. Masukan ayam aduk sampai berubah wrn. Tambahkan kecap, garam, gula. Aduk rata.
3
Masukan santan, aduk dan ungkep sampai bumbu meresap (sya skip langkah ini krn tdk pakai santan).
4
Siapkan pan anti lengket, grill ayam sambil di oles dg sisa bumbu & kecap. Sajikan dg nasi hangat dan sambal kecap. Selamat mencoba..
Ayam Bakar Bumbu Lengkuas - Step 4
Ayam Bakar Bumbu Lengkuas - Step 4

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Ayam Goreng Lengkuas

Ayam Goreng Lengkuas

Dari resep ini, saya suka banget sama lengkuas gorengnya..miripΒ² sama serundeng, rasanya garing gurih banget 🀀. Bahkan pas makan..saya taburi sama lengkuas goreng melulu tiap suapnya 🀣🀣🀣 Nah...dalam resep ini, takaran ayamnya saya kurangi dan saya tambahkan tempe. Alasannya cuma satu, mumpung ada stok dikulkas 🀭. Dalam beberapa hari ini lagi bosen daging kambing sama sapi, jadi ayam yg tertinggal dalam kulkas ini menyelamatkanku πŸ€—πŸ€—πŸ€— #RecookCoboyLulut #Cookpadcommunity_surabaya #RecookCoboy #StarOfTheRecook #PejuangGoldenApron3 #SrikandiGA3 #Minggu10

Ayam Goreng Lengkuas

Ayam Goreng Lengkuas

paling enak dimakan sama nasi anget sama sambal πŸ˜‹πŸ˜‹ #CookpadCommunity_Depok

Ayam Ungkep Bumbu Kuning (bukan ayam lengkuas ya)

Ayam Ungkep Bumbu Kuning (bukan ayam lengkuas ya)

Ayam ungkep yg mesti kudu hrs ada tiap minggu di kulkas jd stok an kl misal keburu2 dan ga sempet masak ribet. Ini ayam yg sll ada di tukang warteg, nasduk dan resto2 pinggiran.. jd bakal satu selera sm mulut yg doyan minggir2 hahaha.. cusss~ #onerecipeonetree #ayamungkepbumbukuning #berburucelemekemas #cookpadcommunity_bekasi #cookpadcommunity_id #dkitcheners_ #masakmasakyuk

4 Potong
Ayam Goreng Lengkuas

Ayam Goreng Lengkuas

Source : Heny Rosita 7 juli 2019, minggu ke 26 #GoldenApronChallenge... Assalamualaikum, ini menu favorit keluargaku, ayam goreng yg atasnya ditaburi bumbu lengkuas goreng, rasanya mantul, apalagi anakku sukaa banget sampai lahap makannya πŸ˜πŸ˜‹... #BerburuCelemekEmas #Resolusi2019 #CookpadCommunity_Bandung

Ayam Goreng Lengkuas

Ayam Goreng Lengkuas

Ini saya buat pas ada acara ngumpul bareng warga di perumahan. Pertama kali saya masak ayam lengkuas, jadi harap-harap cemas enak ga masakannya πŸ˜… keesokan harinya, ada beberapa ibu yang minta resep ini karena cocok dan rasanya enak. Duh...gimana ga seneng coba, pertama kali bikin dan hasilnya banyak yang suka πŸ˜„ Note : pilih lengkuas yang muda ya, biar hasil parutannya banyak dan marutnya gampang. #minggu22 #berburucelemekemas #resolusi2019 #cookpadcommunity_surabaya

5-6 porsi
2 jam
Ayam Goreng Lengkuas

Ayam Goreng Lengkuas

Hallo there.., akhirnya posting juga resep masakan yang udah pernah saya bikin. posting-an perdana ini .. hehehe. Saya termasuk pemula, masih belajar.., trial and error. Kadang takarannya juga kira2 saja. Saya tulis resep disini supaya saya tidak lupa. Dan bisa berbagi dengan pengguna yang lain. Belum ada foto2 step by step nya. Semoga di resep2 saya isinya bisa semakin detail. Semangatt .. πŸ’ͺπŸ’ͺ Btw resep ayam goreng lengkuas ini sudah ok di lidah saya dan keluarga. Untuk takaran bumbu gula garam merica nya kira2 yaa sesuai selera saja ☺️☺️ Oiyah.., kalo engga pake lengkuas parut juga bisa.., jadi namanya ayam goreng kuning πŸ˜†πŸ˜†. Resep ini saya kombinasi dengan resep yang Mami saya suka masak dan Suster Kamti ( yang jaga ponakan di rumah). Terima kasih Mami dan Sus Kamti yaa untuk resepnya. Loph yu pull πŸ’‹ #fifi_olahanayam #fifi_ayamgorenglengkuas #fifi_indonesianfood

3-4 orang
Ayam Goreng Bumbu Laos Parut

Ayam Goreng Bumbu Laos Parut

Anak-anak lagi kangen ayam goreng laos bikinan emak (neneknya), mereka ribut minta dimasakin. Karena gak sempat kepasar, kita nungguin abang tukang sayur dateng dan berharap masih ada ayam (kalau gak pesen kadang sampe rmh sudah habis). Setelah penantian yg cukup lumayan lama...... Akhirnya datenglah si abang... πŸ˜„ dan puji Tuhan masih ada ayamnya meskipun campur (sayap, paha, dada dlm bentuk potongan, dan ceker). Kita borong Semua dech ayamnya si abang😊😊 Langsung bawa kedapur dan beraksilah saya karena sudah ditungguin 2 krucil yg dah gak sabar mau makan ayam gorengnya emak....Mereka suka banget sama srundeng laosnya karena rasanya gurih, dimakan bersama nasi hangat plus sambel, wuuiiihhh.....enaknya.... πŸ‘πŸ‘πŸ˜‰πŸ˜‰ #PGA2 Pekan 5 #PejuangGoldenApron2 #cookpadcommunity_yogyakarta #WeekendChallenge

Ayam Goreng Lengkuas

Ayam Goreng Lengkuas

Ayam goreng lengkuas ini saya recook dari resep mba Dyan, resep aslinya menggunakan bubuk kunyit, tapi saya skip karena kunyit bubuknya habis πŸ˜€ jadi bahan yang digunakan yang ada aja di rumah. Terima kasih resepnya ya mba 😊 #BerburuCelemekEmas #Resolusi2019 #CookpadCommunity #CookpadIndonesia #GoldenApronChallenge #Ketopad #Pekan_7

Teh sereh+lengkuas

Teh sereh+lengkuas

Detox day

Ayam Goreng Lengkuas

Ayam Goreng Lengkuas

Menu favorit semua orang kyknya nih. Jamin enakk πŸ‘Œ #5resepterbaruku

Ayam Goreng Lengkuas Sambal Tomat

Ayam Goreng Lengkuas Sambal Tomat

Awalnya pesimis mau ikutan agendanya combo minggu ini #ComboNgabibita_SambelPecelAyam karna liat temanya aja udah kebayang proses masaknya yg riweuh dan keluarga sy bukan penyuka sambal kecuali sii sulung. Alhamdulillah setelah mengumpulkan mood dari semalam akhirnya jadi juga olahan ayam dan sambalnya, kalo udah di jalanin mah mengalir aja gitu gak pakai drama hehe... Intinya kalo mau masak gak udah dibayangin, siapin bahan lalu mulai masak. Saya tambahkan olahan lengkuas agar lebih berbumbu, di aduk aduk di nasi hangat cocol cocol sambal tidak pedas plus lalapan dan ayam cocoklah buat makan sekeluarga #PekanPosbarAyam #CookpadCommunity_Bogor #PejuangGoldenApron3

8 potong
1 jam
Ayam goreng lengkuas simpel

Ayam goreng lengkuas simpel

Ada sisa ayam dikulkas pengen masak yg simpel sj dan bisa distok buat besok2...πŸ˜€ayam goreng ini enak bun bumbux simpel tp bumbu yg menyerap ke ayamx gurih banget jd penyemangat makan...selamat mencoba πŸ˜‰

Ayam Goreng Lengkuas

Ayam Goreng Lengkuas

Bumbu rempah nya iniii yg enak banget kalo dicampur pake nasi anget2, jadi menu favorit keluarga juga 😍😍😍, #PejuangGoldenApron2

6 porsi
Kerecek daging sapi sereh lengkuas

Kerecek daging sapi sereh lengkuas

Suami minta dimasakan kerecek daging sapi karenamasakan kesukaannya...mumpung masih ada daging sapi dikulkas gaa banyk siihh tapi bisalagh buat makan siang. #BancankanOnlineBarengCookpadperiode2 #ebook #masakanrumahan #masakangampanggaaribet #rasagaadiragukanenaks #masakankesukaansuami #yangpentingsuamisuka #masakpenuhdengancinta

45 menit
Ayam Goreng Serundeng Lengkuas

Ayam Goreng Serundeng Lengkuas

Stock yang harus wajib ada di freezer

Ayam Goreng Lengkuas

Ayam Goreng Lengkuas

Saya pakai bumbu instan sebenernya, cuman saya tambahin bumbu lain supaya lebih enak. Hasilnya enak, menyerap sampai dalem bumbunya dan ayamnya empuk πŸ˜„ Selamat mencoba! #CookpadCommunity_Bandung

30 menit