Ayam bumbu lengkuas

Dipos pada February 19, 2022

Ayam bumbu lengkuas

Anda sedang mencari inspirasi resep Ayam bumbu lengkuas yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal Ayam bumbu lengkuas yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Ayam bumbu lengkuas, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Ayam bumbu lengkuas enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Adapun jumlah porsi yang bisa dihidangkan untuk membuat Ayam bumbu lengkuas adalah 1 ekor ayam. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Ayam bumbu lengkuas sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Ayam bumbu lengkuas memakai 16 jenis bahan dan 8 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Ayam bumbu lengkuas:

  1. 1 ekor ayam
  2. 1/2 bh Jeruk nipis / cuka secukupnya
  3. 1 bh telur
  4. 4 bh daun jeruk
  5. 1 bh daun salam
  6. 1 btg serai geprek
  7. Bumbu halus :
  8. 2 ons lengkuas parut / blender
  9. 1 ruas jempol jahe
  10. 2 cm kunyit (boleh skip)
  11. 5 buah bawang merah
  12. 6 buah bawang putih
  13. 1 sdt ketumbar
  14. 2 bh kemiri
  15. secukupnya Garam
  16. secukupnya Royco ayam

Langkah-langkah untuk membuat Ayam bumbu lengkuas

1
Bersihkan ayam
2
Campurkan ayam dengan bumbu halus kemudian masukan daun jeruk, daun salam dan sereh, jeruk nipis, garam, royco dan tmbahkan air secukupnya
3
Ungkap ayam sampai matang atau air nya susut
4
Setelah di ungkap, kemudian sisihkan ayam dengan bumbunya
5
Bumbu ayam d campurkan dengan telur lalu aduk2 smpai rata
6
Lalu goreng ayam sampai menguning,,
7
Setelah semua ayam sudah d goreng kemudian goreng bumbu nya hingga matang
8
Angkat dan saring kemudian sajikan 😁

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

48. Ayam Goreng Lengkuas

48. Ayam Goreng Lengkuas

Ayam goreng bumbu lengkuas ini sebenarnya merupakan salah satu ayam ungkep yg bumbunya dari lengkuas. Bedanya lengkuasnya diparut dijadikan kremesan dan taburan ayamnya. Kremesan inilah yg membuat citarasanya berbeda dan membuat ketagihan hehehe. Gurih dan lezatnya pas banget dinikmati dgn nasi putih hangat dan sambal. Saya biasanya membuat 2 atau 3 resep sekaligus dan saya simpan di freezer buat stock dan gampang tinggal goreng aja kalo mau makan...praktis..πŸ˜πŸ” #BerburuCelemekEmas #Resolusi2019

Ayam goreng rempah (lengkuas)

Ayam goreng rempah (lengkuas)

Ini tuh ayam favoritnya saya. Biasanya saya makan ayam ini pake sambel korek, timun dan nasi hangat. Udah gitu aja, tapi bikin saya nambah sampai lupa diri 🀭 awalnya gak tau caranya bikin ini tuh gimana, jadi kalo mau makan ini belinya sama temen yang kebetulan jualan ayam rempah ini. Tapi, semenjak merantau dan jauh dari keluarga juga teman, saya gak tau makanan enak yang pas dilidah saya yang ada dikota ini apa, jadi inilah salah satu alasan saya untuk belajar masak sendiri, biar bisa makan makanan yang rasanya pas dilidah saya. Ditambah suami dan anak saya juga selidah, cuman beda tim aja, saya tim makan ikan, mereka tim anti makan ikan πŸ˜‚ tapi setim untuk urusan makan ayam 🀭 pertama kali bikin ini tuh bahagia banget, soalnya berhasil dan pas dilidah kami. Bahkan suami saya yang biasanya makan dengan porsi sedang, jadi nambah karena ayam ini 😍 Makasih mba Erni Affandi atas resepnya β™₯️ #dirumahaja #kedapuraja #ramadan2020

Ayam Goreng Lengkuas

Ayam Goreng Lengkuas

Hari ini masak makanan sejuta umat, ga ada yang ga pernah makan ini di Indonesia hehe 😁😁

2 orang
Ayam Goreng Lengkuas

Ayam Goreng Lengkuas

Source: Basmala Iis AlMoktafi. Enakkk... #26 #tantanganakhirtahun #masakditahunbaru #cookpadcommunity_flores

Ayam goreng bumbu lengkuas

Ayam goreng bumbu lengkuas

Saya sebenernya tidak begitu suka daging atau ayam, akan tetapi Gaya hidup ketofastosis yg saya anut mengharuskan saya mengkonsumsi mereka ☺️...syarat masakan ayam ikan daging saya haruslah tidak berbau khas mereka yaitu Amis atau sedikit apek... dan crunch...so inilah ayam goreng yg berempah dan wangiii #berburucelemekemas #resolusi2019

2 jam
Ayam Laos Enak dan Gurih

Ayam Laos Enak dan Gurih

Request suami hari ini menunya minta ditambahin ayam laos kesukaannya, mumpung tadi pagi belanja ayam, awalnya sih mau dibuat ayam kecap tapi suami minta dibuat ayam laos seperti biasanya aku buat, kata suami juga anak anak enak banget gak kalah sama kita beli diluarπŸ˜„ kalau bikin ayam laos ini bikin seru makannya pada berebut minta nambah taburan lengkuasnya, pokoknya mantaaaaaap banget.

Ayam Goreng Lengkuas

Ayam Goreng Lengkuas

Hari ini tetep semangat ikutan cooking challenge dgn tema Ayam Goreng. #AhlinyaAyam

Ikan goreng lengkuas gress

Ikan goreng lengkuas gress

Saya terinspirasi masak ikan laut karena Marasa sedikit jenuh dg menu ayam dan daging (moment idul Adha). Meskipun pic ikan TDK tertata rapi insyaAllah resep ini enduul #pejuanggoldenapron3 #minggu11

3 ikan
50 menit
Ayam laos panggang (menu diet sehat tanpa minyak)

Ayam laos panggang (menu diet sehat tanpa minyak)

Masih seputaran menu diet niihh mak, monggo silahkan kalau mau mencoba 😁😁

6 porsi
Ayam Goreng Lengkuas #DekatdiHati #cookpadcomunity_Bekasi

Ayam Goreng Lengkuas #DekatdiHati #cookpadcomunity_Bekasi

Adik" ku dan calon suami ku request ayam goreng lengkuas, okelah langsung kepasar beli bahan dan bumbu langsung deh eksekusi. Beli banyak karna sekalian buat Stock buat bekel sarapan..

Sayap ayam bumbu laos cabe hijau

Sayap ayam bumbu laos cabe hijau

Hai anak kost. Menu ini cocok banget buat kamu yg lowbudget tapi tetep pengen makan enak ala" foodvlogger wkwk πŸ˜‚

Ayam Goreng Lengkuas

Ayam Goreng Lengkuas

Ini ayam goreng dimakan dengan lalapan, mantap dah.. bumbunya berasa, gurih dan meresap ke daging2 ayamnya 😘

Ayam Goreng Lengkuas

Ayam Goreng Lengkuas

Cocok untuk menu berbuka puasa ataupun sahur, ditemani nasi hangat dan sambal saja juga sudah enak banget. Ini masakan favorit saya karena #AntiRibet, olah, simpan di kulkas, tinggal goreng deh πŸ˜‰ Resep ini untuk 1/2 kg daging ayam bagian paha semua, jadi kalau Bunda mau bikin lebih, disesuaikan saja jumlah bumbu yang dipakai ya, selamat mencoba juga πŸ’ͺ🏻πŸ’ͺ🏻 #SiapRamadan #AntiRibet #BerburuCelemekEmas #Resolusi2019 #cookpadcommunity_Jakarta #PekanInspirasi

Ayam Goreng Lengkuas

Ayam Goreng Lengkuas

Sebenernya ini ayam goreng ungkep biasa.. hanya saja metodenya sedikit beda dari yang saya tau sebelumnya.. yaitu ayamnya dimarinasi dengan bumbu yg sudah blender selama 30 menit dalam kulkas baru dimasak diatas kompor.. seru juga sih.. sambil nunggu marinasinya bisa sambil beberes dapur hehehe.. πŸ‘Œ #BerburuCelemekEmas #Resolusi2019

Ayam goreng lengkuas

Ayam goreng lengkuas

ayam kesukaan suami jdi sering bgt masak ayam,hr ini pgn masak simple aja bumbu seadanya didapur..jadilah ayam goreng lengkuas bumbu yg minimalis tp rasa maximalis hee..

Ayam goreng laos

Ayam goreng laos

Pas mudik libur lebaran, di rumah ibu saya sudah disiapin ayam yang katanya bumbu laos ini, di kulkas buat cucu2nya. Dan anak2 doyan banget tiap hari goreng trus dimakan dengan nasi hangat2. Mudah enak, anak2 suka Mudik berlalu dan anak2 nagih dibikinin ayam goreng laos kayak di rumah nenek Cuz minta resepnya dan...pertama kali bikin hasilnya sukses. Semoga resepnya bisa bermanfaatπŸ™πŸ˜Š

12 porsi
1jam
Ayam goreng lengkuas

Ayam goreng lengkuas

Tiba2 pingin ayam goreng lengkuas untuk menu makan siang. Yaudah mumpung bahan ada semua langsung aja eksekusi. Kadang aku lebih suka lengkuasnya dari pada ayam gorengnya hehe krna kremes dan rasanya yang gurih. Buatnya hmm lumayan pegel sih krna harus parut lengkuasnya dulu.

4 porsi
90 menit
Ayam Goreng Rempah (Lengkuas) #5resepterbaruku

Ayam Goreng Rempah (Lengkuas) #5resepterbaruku

Pertama kali buat ayam goreng lengkuas ini awalnya karna Request dari suami tersayang yang minta dibuatin Ayam Goreng Lengkuas ini kaya orang ngidam... Ya sudah dituruti aja sambil tanya-tanya cara buatnya dari mama

4 - 5 orang