Ayam asin lengkuas

Dipos pada February 20, 2022

Ayam asin lengkuas

Anda sedang mencari inspirasi resep Ayam asin lengkuas yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal Ayam asin lengkuas yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Ayam asin lengkuas, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Ayam asin lengkuas enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Ayam asin lengkuas sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Ayam asin lengkuas memakai 14 jenis bahan dan 3 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Biasa ayam lengkuas diungkep dulu, kali ini coba tanpa diungkep tapi digoreng. Saat menggoreng ayamnya supaya tidak meletup2, panaskan wajan sampai panas, beri minyak cukup banyak dan beri sedikit garam, ayam tiriskan dari bumbu marinasinya, spy ayam tidak terlalu basah, masukan ayam saat minyak sudah panas.. Tetep saya tutup wajannya menghindari letupan. Untuk bumbu lengkuasnya, sy tambahkan garam, gula, kaldu jamur masing2 1/4 sdt, tp sy takut rasanya keasinan bagi teman2, maka sy tulis secukupnya

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Ayam asin lengkuas:

  1. 1/2 ekor ayam kampung
  2. Sedikit air (50 cc)
  3. secukupnya Garam, gula, kaldu jamur
  4. Minyak
  5. Bahan marinasi:
  6. 1 sdm kecap kikkoman all purpose
  7. 1 sdm kecap ikan
  8. 1/4 sdt garam
  9. 1/2 sdt kaldu jamur
  10. 1/4 sdt gula pasir
  11. Bumbu halus:blender dengan sedikit minyak
  12. 6 bawang merah
  13. 3 ruas lengkuas
  14. 2 cm kunyit

Langkah-langkah untuk membuat Ayam asin lengkuas

1
Marinasi ayam dengan bumbu marinasi, diamkan selama 60 menit
2
Goreng ayam yg sudah di marinasi dengan minyak yang cukup banyak sampai ayam kecoklatan/matang, sisihkan
Ayam asin lengkuas - Step 2
3
Tumis bumbu halus beri garam, gula dan kaldu jamur secukupnya, masak sampai bumbu kecoklatan, test rasa, bila pas, masukan ayam yg sudah digoreng, beri air, aduk rata sampai air tidak ada (hati2 jangan sampai gosong), siap dihidangkan bersama nasi. Lebih nikmat dimakan saat masih hangat

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Ayam Goreng Lengkuas

Ayam Goreng Lengkuas

Perdana buat ayam bumbu.. Not bad lah yaa buat pertama kalee.. Utk rasa udh mirip dg ayam bumbuu yg di luaran. Laen kalee, buatnya lengkuas di banyakin lg biar bumbu na banyak.. Minggu 39 #PekanRayaAyam #AyamBerjemur #PekanPosbarAyam #PejuangGoldenApron3 #GA_TheNextLevel #CookpadIndonesia #CookpadCommunity_Sumbar

Teh sereh+lengkuas

Teh sereh+lengkuas

Detox day

Ayam Goreng Lengkuas

Ayam Goreng Lengkuas

Manfaatin sisa ayam di freezer, cus bkn ayam goreng lengkuas

Ayam goreng lengkuas

Ayam goreng lengkuas

Ayam lagiii..hihihi

Daging Nabati (Gluten) Ungkep Lengkuas

Daging Nabati (Gluten) Ungkep Lengkuas

#PejuangGoldenApron3 #week34 Well ini makanan ga pernah saya coba sebelumnya, ga pernah pingin nyari atau beli juga ๐Ÿ˜‚ saya ketemu resep ini di youtube tanpa sengaja, biasanya vegetarian tau resep ini karena emang ini udah kaya pengganti daging bagi mereka. Pas saya coba pertama kali, agak kaget sih ๐Ÿ˜† rasanya tepung banget, agak kurang cocok sama rasa glutenya wkwk. Saya iseng aja pengen nyobain makanan vegetarian ini, biasanya mereka masak tanpa bawang-bawangan. Cuma yaudah, yuk diliat resepnya :)

2 orang
2 jam
Ayam Goreng Lengkuas

Ayam Goreng Lengkuas

Lagi panen ayam sendiri๐Ÿ˜‚

Ayam lengkuas gurih lezat(versi diet)

Ayam lengkuas gurih lezat(versi diet)

Kenapa sih postingan saya selalu versi diet. Iya, karena bahan- bahan yang saya pakai, ada takarannya dan saya hitung sendiri kandungan nutrisinya. Jadi nggak was- was kalau mau berbagi dengan kawan- kawan yang lagi program diet. Kali ini saya bikin menu ayam ya. 1 paha ayam utuh saya potong jadi 2 bagian. Pada satu potong (kiraยฒ 100 gr) terkandung nutrisi: Kalori 287,8 Kkal Lemak 100,8 gr Karbo 2,3 gr Protein 24,6 gr Ayam ini saya bikin pakai kulit ya, bila tidak suka pakai kulit bisa dihilangkan sebelum mengolahnya. Tentu kandungan nutrisinya akan berbeda, yakni lebih berkurang, lebih bagus tentunya ya karena kandungan kalori dan lemak berkurang. Apapun caranya tetap soodaap๐Ÿ‘. Yuk segera di recook.

5-10 orang
1 jam
Ayam Lengkuas (Nasu Manu' Lekku)

Ayam Lengkuas (Nasu Manu' Lekku)

Punya suami asli bugis, tp ini kali pertama bikin dan suami alhamdullilah suka bgt, enak katanya, kaya masakan dikampung ๐Ÿ˜†๐Ÿ˜† Untuk foto sebenarnya warna aslinya agak kuning sedikit, tp ga tau kenapa pas diambil warna nya pucat ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚

4 orang
1 jam
Ayam goreng lengkuas

Ayam goreng lengkuas

Lagi pengen banget makan ayam goreng lengkuas pas buka puasa nanti .... Eh kebetulan punya stok ayam beserta stok lengkuas yang lumayan banyak ... Jadi deh di buatkan resep ini #festivalramadhan #CABEKU #ngeksisDicookpad

Ayam goreng lengkuas

Ayam goreng lengkuas

Biasanya grg ayam suka yg di ukep dulu.ini cb yg lgs goreng..tp mnrtku lbh gurih dan kerasa bumbunya yg di ukep..kl ini mo di ukep dulu jg boleh,tinggal ksh air sckpnya plus gula psr sckpnya.baru goreng ayam.. #berburucelemekemas #resolusi2019 #week43 #weekendChallenge

Oseng laos lombok ijo

Oseng laos lombok ijo

Oseng laos lombok ijo cocok untuk latihan makan pedes, karna rasa pedasnya masih bisa dinikmati dan cukup aman di lambung (insya Allah). Masakan ini dulu pertama kali dicobakan ke saya saat saya masih SD, kalo liat cabe di oseng aja dibuang ngga berani makan, akhirnya dengan oseng inilah saya dilatih makan pedas oleh simbah saya. Awal mula masih oseng udang lombok ijo (karena saya suka udang), lama - lama udangnya ndak dikasih, jadinya cm oseng laos lombok ijo, dan tanpa masakan lain, jadi mau ndak mau harus makan oseng itu. Walaupun awal mulanya "witing bisa amarga kepeksa lan ranana liya" ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚ tapi alhasil lumayan manjur untuk belajar makan pedas. Dan kali ini, tiba tiba saya ingin makan pedas tapi yang cukup aman di lambung, jadiiii mari kita buat..oseng laos lombok ijooo...let's start...!!!

Bebek Goreng Laos

Bebek Goreng Laos

Paksu pagi2 minta di masakkan bebek goreng, seperti biasa minta si Mak Irit yg masak, biasanya beli aja di warung langganan, tapi agak mehong ya momz, jika masak sendiri dpt 4 potong๐Ÿ˜˜ yg jelas bisa di buat sesuai selera, jika beli kadang alot lah atau kurang pas bumbunya dll๐Ÿ˜‹ Oke momiz langsung saya share resepnya yaaa๐Ÿ‘Œ๐Ÿป #CookpadCommunity_Kalsel #CookpadCommunity_borneo #Banjarbaru

Ayam Goreng Lengkuas

Ayam Goreng Lengkuas

#AhlinyaAyam #SiapRamadan #Community_Padang #BerburuCelemekEmas

Ayam goreng Laos serei simple

Ayam goreng Laos serei simple

Ceritanya pengen coba2 yg simple dan enak

Ayam Goreng Lengkuas

Ayam Goreng Lengkuas

Recook punya mbak Cici Andriyani. Simple dan enakโ˜บ๏ธ๐Ÿ‘๐Ÿผ

3 porsi
Ayam goreng Lengkuas

Ayam goreng Lengkuas

Source : Indah Kurniasari Bukan serundeng kelapa..๐Ÿคญ tetapi ini pakai lengkuas yg di parut,selain rasa nya yg enak. Lengkuas juga mmbuat masakan memiliki aroma yg khas dan mengandung banyak manfaat selagi kita benar dlm mengolahnya..๐Ÿ˜ #PekanPosbar #KampoengRamadan #Rakit_HerbalDariDapur #UngkepanRasaHatimu #PekanPosbarProtein #ProteinHewani #WongKitoGalo #GenkPejuangDapur #CookpadCommunity_Sumbar

6 porsi
60 menit
Ayam Goreng Lengkuas

Ayam Goreng Lengkuas

Lagi pengen makan ini,pakai nasi anget plus sambel,pasti mantul ๐Ÿ˜ lengkuasnya tidak saya parut,langsung belender sekalian dengan bahan,juga tetap jadi.. #PejuangGoldenApron2 #PejuangGoldenApron2