Ayam Goreng Lengkuas

Dipos pada February 15, 2022

Ayam Goreng Lengkuas

Anda sedang mencari inspirasi resep Ayam Goreng Lengkuas yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal Ayam Goreng Lengkuas yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Ayam Goreng Lengkuas, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Ayam Goreng Lengkuas enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Ayam Goreng Lengkuas sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Ayam Goreng Lengkuas memakai 14 jenis bahan dan 6 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Ayam Goreng Lengkuas:

  1. 1 ekor ayam kampung
  2. 2 btg serai, geprek
  3. 3 daun salam
  4. 3 daun jeruk
  5. 1/4 kg lengkuas parut
  6. secukupnya Garam, penyedap dan lada
  7. 600-750 cc Air kurang lebih
  8. Bumbu halus
  9. 6 bawang merah
  10. 6 bawang putih
  11. 1 ruas jahe
  12. 1-2 sdt Kunyit bubuk
  13. 2 butir kemiri, sangrai
  14. 1 sdt ketumbar

Langkah-langkah untuk membuat Ayam Goreng Lengkuas

1
Ayam diuci bersih, diamkan dengan jeruk nipis dan daun jeruk selama 5-10 menit, lalu bilas.
2
Tumis bumbu halus, serei, daun salam, daun jeruk, lengkuas parut hingga harum.
3
Tambahkan air, rebus dengan api kecil hingga ayam lunak dan kuah menyusut. Aduk sesekali.
4
Saring air rebusan, agar lengkuas parut terpisah dari ayam.
5
Goreng ayam dan lengkuas yang telah disaring secara terpisah. Ayam digoreng dengan api besar hingga kecokelatan (tidak perlu terlalu lama menggoreng ayam, karna ayam sudah lunak). Lengkuas di goreng hingga kering agar terasa garing.
6
Tata ayam diatas piring, lalu taburkan lengkuas garing diatasnya 🧑

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Ayam Ungkep Lengkuas

Ayam Ungkep Lengkuas

Ayam favorit dengan bumbu khas ibu tersayang dari masa kecil.

4 - 6 Orang
30 Menit
Ayam goreng ungkep rempah lengkuas

Ayam goreng ungkep rempah lengkuas

Kemarin ragu2 mau bikin ayam goreng ini, sblm nya udh pny sprmpat ayam ini (isi 3) rencana mau beli sprmpat lagi, eh tapi kesiangan, tukang sayurnya udah lewat, mana hujan lagi, jadi masak seadanya aja deh cm 3 biji paha ayam πŸ—πŸ—πŸ— jadi resep ini disesuaikan sm bahan yg tersedia ya πŸ˜‚ #berburucelemekemas #resolusi2019

Untuk sekali makan (makan siang)
Ayam Goreng Lengkuas

Ayam Goreng Lengkuas

# tantangan akhir tahun # masak di tahun baru 'Ayam goreng memang menjadi masakan favorit keluarga

untuk 10 porsi
Ayam Goreng Laos

Ayam Goreng Laos

Ini resep recook dari akun mbak dapur dien enak bgt menurutku, rasanya ga Kalah sama lamongan. Tinggal dimakan pake nasi hangat, lalapan, plus sambel tomat atau sambel bawang brambang goreng endeuusss banget πŸ‘Œ

60 menit
Ayam Goreng Lengkuas

Ayam Goreng Lengkuas

Cocok untuk menu berbuka puasa ataupun sahur, ditemani nasi hangat dan sambal saja juga sudah enak banget. Ini masakan favorit saya karena #AntiRibet, olah, simpan di kulkas, tinggal goreng deh πŸ˜‰ Resep ini untuk 1/2 kg daging ayam bagian paha semua, jadi kalau Bunda mau bikin lebih, disesuaikan saja jumlah bumbu yang dipakai ya, selamat mencoba juga πŸ’ͺ🏻πŸ’ͺ🏻 #SiapRamadan #AntiRibet #BerburuCelemekEmas #Resolusi2019 #cookpadcommunity_Jakarta #PekanInspirasi

Ayam goreng laos

Ayam goreng laos

Terinspirasi beginian soalnya pas main kerumah tetangga itu dia pas masak ayam goreng laos dan aku ngicipi enak ternyata dan besoknya nyobak bikin dewe untuk acara dirumah πŸ˜œπŸ˜œπŸ˜…πŸ˜… trims bu win resepnya πŸ‘

Ayam Goreng Lengkuas Bumbu Racik (No Ribet)

Ayam Goreng Lengkuas Bumbu Racik (No Ribet)

Udah masuk ke 15 hari ramadhan, mulai bingung masak apa, balik lg deh ke menu pertama sahur, karna emang praktis bangett.. #siapramdhan

Ayam goreng lengkuas

Ayam goreng lengkuas

Salah satu pelengkap nasi uduk pasti ada pilihan ayamnya , ini salah satu varian ayam goreng yang endeeees banget 😍😍#TantanganAkhirTahun #MasakdiTahunbaru

Ayam Lengkuas

Ayam Lengkuas

Kadang sih dibilang ayam laos. Pengen banget bikin karena kangen ayam ini di tukang jual nasi uduk

2 porsi
Ayam Goreng Lengkuas

Ayam Goreng Lengkuas

Ayam lagi .....ayam lagi... Tiap hari masak,tiap hari masih bingung jg. kadang masih juga tuh nanya ama tetangga, temen,kerabat, saling nanya..."Enaknya masak apa ya???hmmmm ......katanya...itu ituuuu aja, eh ujung2nya masak juga, begitulah kawula emak2πŸ€­πŸ€“, Apakah memang kek gitu ya emak2 ini🀭🧐. Apalagi kek sy ya, yg baru jd status emak2 (baru 10 th) jelaslah masih dangkal dunia perdapuran, So mmg selalu nak tanya sana sini🀫🀭 yukkkk ah kemooon kita masak simple aja #AyamGorengLengkuas

Ayam goreng Lengkuas

Ayam goreng Lengkuas

Pertaruhan antara menu #AyamBerendam dan #AyamBerjemur ahirnya klik memilih dan mencoba resep #AyamBerjemur #PekanRayaAyam untuk menunjukan menu hidangan buat makan malam ini ahirnya cari cari resep siang kepasar beli dua paha ayam dan bumbu pelengkap nya. Jujur saja baru pertama mencoba ayam goreng lengkuas sampe betah di dapur wajahnya sampe ikut berminyak haha karena mikir dan tidak terbiasa jadi merasa kesulitan di marut lengkuas kok keras ya 😁 benar benar untuk memory buat anak cucu nanti biar melihat orang tua pernah masak seperti ini ilmu wajib di wariskan . https://forms.gle/kuwtuXaQ7SWSWz8t7 #AyamGorengLengkuas

2 orang
1 jam
Ayam goreng laos

Ayam goreng laos

3-4 orang
25 menit
Ayam Rempah / Ayam Laos Hemat dan Mudah

Ayam Rempah / Ayam Laos Hemat dan Mudah

Ayam rempah ini praktis dan enak banget lho moms, bisa disimpan dikulkas, jadi bisa digoreng sewaktu-waktu. Pas banget buat mommy dg kesibukan yg padat atau cocok juga disimpan saat ramadhan, saat saur dan berbuka jadi praktis dan cepat.

10 potong
1 jam