Ayam goreng rempah (lengkuas)

Dipos pada February 15, 2022

Ayam goreng rempah (lengkuas)

Anda sedang mencari inspirasi resep Ayam goreng rempah (lengkuas) yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal Ayam goreng rempah (lengkuas) yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Ayam goreng rempah (lengkuas), mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Ayam goreng rempah (lengkuas) enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Ayam goreng rempah (lengkuas) sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Ayam goreng rempah (lengkuas) memakai 13 jenis bahan dan 11 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Ini tuh ayam favoritnya saya. Biasanya saya makan ayam ini pake sambel korek, timun dan nasi hangat. Udah gitu aja, tapi bikin saya nambah sampai lupa diri 🀭 awalnya gak tau caranya bikin ini tuh gimana, jadi kalo mau makan ini belinya sama temen yang kebetulan jualan ayam rempah ini. Tapi, semenjak merantau dan jauh dari keluarga juga teman, saya gak tau makanan enak yang pas dilidah saya yang ada dikota ini apa, jadi inilah salah satu alasan saya untuk belajar masak sendiri, biar bisa makan makanan yang rasanya pas dilidah saya. Ditambah suami dan anak saya juga selidah, cuman beda tim aja, saya tim makan ikan, mereka tim anti makan ikan πŸ˜‚ tapi setim untuk urusan makan ayam 🀭 pertama kali bikin ini tuh bahagia banget, soalnya berhasil dan pas dilidah kami. Bahkan suami saya yang biasanya makan dengan porsi sedang, jadi nambah karena ayam ini 😍 Makasih mba Erni Affandi atas resepnya β™₯️ #dirumahaja #kedapuraja #ramadan2020

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Ayam goreng rempah (lengkuas):

  1. 1 1/2 ekor ayam, potong2 sesuai selera
  2. 5 siung bawang putih
  3. 6-8 siung bawang merah (me : ukuran kecil)
  4. 7-8 biji kemiri
  5. 1 1/2 sdm ketumbar
  6. 2 cm kunyit yang sudah dikupas kulitnya
  7. 1 ruas jahe
  8. 5 lembar daun salam
  9. 2 ruas lengkuas (me : lebih dari 2 ruas, sesuai selera)
  10. 2 batang sereh
  11. secukupnya Garam
  12. Kaldu bubuk secukupnya (me : kaldu jamur)
  13. 150 ml Air

Langkah-langkah untuk membuat Ayam goreng rempah (lengkuas)

1
Siapkan semua bumbu halus dan lengkuas yang akan diparut
Ayam goreng rempah (lengkuas) - Step 1
2
Parut lengkuas lalu sisihkan
3
Ulek bawang putih, bawang merah, jahe, kunyit, kemiri dan kunyit hingga halus
4
Tumis bumbu yang sudah diulek tadi bersama sereh, daun salam dan lengkuas yang sudah diparut tadi hingga harum, menggunakan api sedang. Tambahkan garam, kaldu bubuk dan air. Lalu tes rasa
5
Masukkan ayam kedalam bumbu yang sudah diberi air tadi. Lalu masak ayam hingga bumbu meresap dan air mengering
6
Selama proses peresapan bumbu ini, jangan lupa untuk mengaduk sesekali ya
7
Setelah air mengering, matikan api dan dinginkan ayam. Setelah dingin bisa dimasukkan kedalam wadah kedap udara dan disimpan kedalam kulkas (bukan freezer)
8
Jika ingin langsung digoreng juga bisa. Goreng dengan menggunakan minyak panas yang banyak dengan api sedang
9
Goreng ayam hingga kecokelatan, angkat lalu tiriskan. (Saya agak over cook, karna waktu masak sekalian ngelayanin balita)
10
Lalu goreng sisa bumbu hingga kecokelatan, angkat lalu tiriskan
11
Tata ayam diatas piring dengan taburan bumbu rempah yang sudah digoreng diakhir tadi. Dan ayam goreng rempah lengkuas pun siap dihidangkan bersama nasi hangat, timun, kemangi dan tahu tempe πŸ₯°
Ayam goreng rempah (lengkuas) - Step 11

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Ayam goreng laos

Ayam goreng laos

Rasanya enak dan gurih. Jangan di nilai dari gambar sebelum mencoba ya bunda πŸ˜€. Di jamin mantul

Ayam Goreng Lengkuas

Ayam Goreng Lengkuas

Jujur ya baru kali ini bikin ayam kayak gini, krn biasanya ibu yg bumbuin, saya tinggal goreng. Dan enakkkkk banget resep si teteh cantik... Pas mantap semua pokoknya... Foto malam seadanya udah keburu lapar, jangan dibully yes πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚ Source : Risa Januarti #berburugoldenapron #berburucelemekemas #resolusi2019 #bundarazs #cookingwithhearteatingwithlove #clovercookinglover #tidaksekedarmemasak #masakitusaya #cookpadcommunitt #cookpadcommunity_bekasi #ayamgorenglengkuas #olahanayam

Ayam goreng lengkuas

Ayam goreng lengkuas

Kpengen ayam goreng yg ada krenyes2 nya, alhamdulillah suami sukak. #berburucelemekemas

3-4 org
Ayam Goreng Lengkuas

Ayam Goreng Lengkuas

Harum seberbak di dapur dan ayamnya gurih nagih😘 Sc: Muslim Hijrah #Resolusi2019 #BerburuCelemekemas #Cookpad_id #Basindoncek #Community_Sumbar #Cookpadcommunity_padang

6 potong
Ayam kremes bumbu lengkuas

Ayam kremes bumbu lengkuas

Minggu 7/54... Berusaha memberikan yang terbaik untuk orang sekitar . Yang terpenting ikhlas dengan sepenuh hati. Insyaallah hasilnya tidak akan mengecewakan πŸ™‚ #PejuangGoldenApron3

Ayam goreng lengkuas

Ayam goreng lengkuas

Asli enak banget lengkuasnya

Ayam Goreng Laja

Ayam Goreng Laja

Laja adalah lengkuas dlm bahasa Indonesianya.. masakan ini entah usianya mungkin udah ratusan tahun? Pokoknya ini adalah makanan favorit saya waktu masih kecil.. apalagi nasi panas dicampur sama bumbu lajanya beuhhh! Nambah makannya!

Ayam ungkep lengkuas

Ayam ungkep lengkuas

Cukup unik karena dibantu oleh dua lelaki untuk ngulek bumbu, dikarenakan cobeknya terlalu besar sekali (alias kecil). #5resepterbaruku #resepterbaruku #tantanganmingguan

Ayam Goreng Kremes Lengkuas

Ayam Goreng Kremes Lengkuas

Lebaran kemarin makanya santan2 terus, kebanyang makan nasi anget pakai sambel terasi kayaknya sedep .. Terus dikulkas masih ada ayam, cuusss emak2 beraksi 😬

Tumis Kangkung Lengkuas

Tumis Kangkung Lengkuas

Kangkung diapain aja nikmatπŸ˜‹ Yuk dicoba aja Ini resep asliny https://cookpad.com/id/resep/7649133-tumis-kangkung-lengkuas?invite_token=woeG6ufPyTyDUWkq2VWKjhvW&shared_at=1616106814 #RememberGenkPeDa_AbukIrun #PejuangGoldenApron3 #GenkPejuangDapur #GenkPeDa_Eksis #CookpadCommunity_Depok #CookpadCommunity_Id #Cookpad_Id #CookpadIndonesia

Ayam goreng lengkuas

Ayam goreng lengkuas

Bingung mau dimasak gimana ayamnya pengen nyoba masakan baru tapi tetep dari ayam.... Nyari2 resep dari teman teman dan akhirnya pilihan jatuh pada ayam goreng lengkuas, tetep nyari yang simple aja bikinnya biar cepet Alhamdulillah anak dan suami suka, malah gak cuma buat lauk tapi dimakan ayamnya ja 😁 Selamat mencoba 😘 Resep by Nidiya Azmi Made by Me #weekendchallenge #PejuangGoldenApron2

Ayam Goreng Lengkuas

Ayam Goreng Lengkuas

Ayam goreng simpel banget nih cara buatnya

Ayam Goreng lengkuas

Ayam Goreng lengkuas

Alternatif menu selain santan. Lebaran selalu itu-itu aja. Pasti ada yang cari lauk selain santan. Atau yang udah bosen makan lauk santan. Ini masih juara banget. Pasti laris abis duluan sebelum opor ayam. Tinggal disambelin aja. Menu opor ada di resep bawah skrol aja. #SiapRamadan #AhlinyaAyam

6. Ayam goreng lengkuas

6. Ayam goreng lengkuas

Jadi ceritanya lagi pengen makan ayam rempah. Karena lagi sering hujan dan mager keluar dan lagi PSBB juga jadi bikin lah sendiri. Rasanya enak bumbunya berasa banget. #Kedapuraja #Cookpadindonesia #Cookpadjogja #Pejuangcelemekemas #CookpadCommunity_Yogyakarta #SelaluIstimewa

1 orang
Ayam Goreng Lengkuas (Ayam Bumbu)

Ayam Goreng Lengkuas (Ayam Bumbu)

#tantanganakhirtahun #masakditahunbaru Ayam goreng lengkuas ini salah satu menu yg sering hadir di rmh mkn padang,, klo org pdg blng sih namanya ayam bumbu.. Ini rasanya enak bikinnya gag ribet,, bysanya menu satu ini disukai anak2, krna rasanya yg gurih dan gag pedas. Yuuukk mom dicoba

Ikan nila saos lengkuas

Ikan nila saos lengkuas

Bingung mau mengolah ikan nila selain digoreng karena anak-anak gak suka ikan nila dimasak asam pedas, akhirnya saya cobalah membuat nila yang disaos😁semoga bermanfaat #SiapRamadan

Ayam Goreng Laos

Ayam Goreng Laos

Karna ada stok tempe di kulkas saya ungkep sekalian. Selamat mencoba.

6 Orang
1 jam
Ayam goreng lengkuas

Ayam goreng lengkuas

Aku tuh suka penasaran ya sama kriwul-kriwul di ayam goreng. Serundeng bukan, tapi rasanya enak. Baru tau kalo itu ternyata parutan lengkuas toh 🀭 Kalo gak pernah masak mah gitu ya 🀣🀣 . Kebetulan #recookcoboy kali ini resepnya mba Lulut Firmahami Saya bikin setengah resep. Stok ayam dikit ternyata. Kuah sisa ngukep ayamnya saya tambahin tahu tempe. Muantep wes bumbu laosnya, nasi anget, kasih sambel 🀀 #RecookCoboyLulut #StarOfTheRecook #cookpadcommunity_surabaya #GA_thenextlevel