30. Nasi Ayam Goreng Lengkuas

Dipos pada February 15, 2022

30. Nasi Ayam Goreng Lengkuas

Anda sedang mencari inspirasi resep 30. Nasi Ayam Goreng Lengkuas yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal 30. Nasi Ayam Goreng Lengkuas yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari 30. Nasi Ayam Goreng Lengkuas, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan 30. Nasi Ayam Goreng Lengkuas enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan 30. Nasi Ayam Goreng Lengkuas sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat 30. Nasi Ayam Goreng Lengkuas memakai 24 jenis bahan dan 6 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Udah lama kepingin nyoba masak ayam lengkuas, tapi ragu khawatir rasa lengkuasnya terlalu mencolok. Eehh tapi penasaran, yaudah deh eksekusi aja. Ternyata enak ya temans πŸ€­πŸ˜πŸ˜πŸ˜‹ serabut laos dan bawang goreng diaduk dengan nasi, ditambah sambal dan lalapan.. adududududuuuuhhh.. maasyaa Allah, nikmat sekali... πŸ˜Šβ˜ΊοΈβ˜ΊοΈπŸ™ˆπŸ™ˆπŸ™ˆ Masih seperti biasa, saya ga punya resep sendiri, hanya mempraktekkan resep orang lain. Kalau berhasil, resepnya akan saya share supaya bisa dicoba oleh teman-teman, juga supaya resepnya tersimpan. Saya pakai resep dari instagram @mrs.wijaya. Tadi buka puasa setelah makan sebuah pisang ambon, langsung nyuwilin ayam, enak.. yaudah deh langsung makan nasi aja udah kadung tangannya kotor πŸ€­πŸ˜…πŸ˜‚πŸ˜‚ #FestivalRamadanCookpad

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat 30. Nasi Ayam Goreng Lengkuas:

  1. 1 kg ayam, potong-potong
  2. 150 gr lengkuas muda, parut
  3. 5 lembar daun jeruk (saya pakai 4)
  4. 2 lembar daun salam
  5. 2 batang serai, memarkan
  6. Secukupnya air (saya sekitar 1250 ml)
  7. Secukupnya minyak goreng
  8. BUMBU HALUS:
  9. 7 siung bawang putih
  10. 3 siung bawang merah
  11. 5 butir kemiri
  12. 1 sdm penuh ketumbar
  13. 5 cm jahe
  14. 3 cm kunyit
  15. Sejumput gula pasir
  16. Secukupnya garam/ kaldu bubuk/ penyedap
  17. BAHAN NASI:
  18. 1/2 kg beras
  19. Secukupnya air rebusan ayam
  20. Secukupnya garam (opsional)
  21. PELENGKAP:
  22. Bawang goreng
  23. Sambal bawang
  24. Lalapan

Langkah-langkah untuk membuat 30. Nasi Ayam Goreng Lengkuas

1
Ayam goreng lengkuas: Didihkan air. Masukkan ayam yang sudah dicuci bersih, lengkuas, daun jeruk, daun salam, serai, dan bumbu halus. Masak sampai ayam empuk dan bumbu meresap, air menyusut tapi tidak sampai habis. Angkat ayam, lalu goreng dalam minyak panas di atas api sedang cenderung kecil. goreng hingga kecokelatan atau keemasan.
2
Saring bumbu sisa rebusan ayam. Goreng hingga kecokelatan. Tiriskan, lalu taburkan pada ayam goreng. Sisihkan.
3
Sisa air rebusan ayam digunakan untuk memasak nasi.
4
Masak nasi dalam magic com menggunakan air rebusan ayam. Jumlah air sesuaikan dengan kebiasaan memasak, jadi bisa ditambah atau dikurangi saja airnya.
5
Nasi juga bisa dimasak dengan cara beras diaron, lalu dikukus sampai matang.
6
Sajikan nasi bersama ayam goreng lengkuas dan pelengkapnya.

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Ayam goreng lengkuas

Ayam goreng lengkuas

Supaya praktis kalo lagi males masak. Jadi aku buat ungkepan ayam, jd kalo mau mkn tinggal digoreng.

Ayam goreng lengkuas

Ayam goreng lengkuas

Bismillah,, masak ayam goreng lengkuas,,,maaf pas lengkuasnya agak gosong,, tapi rasanya mantulll alias mantap betulll πŸ‘, dimakan sama sayur asam, lalapan dan sambal makin makyooossssss,,, nasi sepiring kayaknya gak cukup deh πŸ˜‚πŸ˜‚

5 porsi
Tumis Kangkung Lengkuas

Tumis Kangkung Lengkuas

#GA_TheNextLevel #PejuangGoldenApron3 #CookpadIndonesia #KulaEtamCoCoK #Cookpadcommunity_Borneo #Cookpadcommunity_Kaltim #Cookpadcommunity_Samarinda

Ayam Goreng Bumbu Lengkuas

Ayam Goreng Bumbu Lengkuas

Gak susah juga buat resep ini, bisa diungkep terlebih dahulu ayamnya, kapan” mau goreng tinggal keluarin dari kulkas n goreng.

Ayam goreng lengkuas beserta tahu tempe

Ayam goreng lengkuas beserta tahu tempe

Bikin ayam goreng plus tahu tempe buat temennya nasi uduk

3 porsi
1 jam
Ayam dan tempe goreng lengkuas

Ayam dan tempe goreng lengkuas

salah satu olahan ayam yang aku suka dari aku kecil..kalo sudah makan ayam rempah ini ga pake lauk lain lagi krn rempahnya aku suka unyek2 dinasi panas...dan ternyata setelah punya anak balita eh dia juga suka ayam dimasak rempah begini..

3 orang
20menit
Ayam goreng lengkuas (plus kremesan)

Ayam goreng lengkuas (plus kremesan)

Menu rumahan yang gampang banget dibuat.

4 porsi
Ayam Ungkep Laos

Ayam Ungkep Laos

Suka banget nyetok ayam ungkep ini, saat nggak sempat masak bisa langsung goreng. Dan saat menu ikan, pak suamik nggak doyan. Jadi kasi aja ayam ini ha3. Kalau aku paling suka bagian paha ya, jadi bagian dada ku kasi ke pak suamik. 🀭🀭 Biasanya aku mix sama tahu atau tempe untuk penyajian, jadi ayamnya nggak gede2 amat motongnya. minta aja potong ke penjual sayurnya biar nggak ribet. kadang kalau nggak ada laos, tanpa laos juga enak. #BancakanOnlineBarengCookpad #ebook

6-7 porsi
25 menit
Ayam ungkep lengkuas

Ayam ungkep lengkuas

Cukup unik karena dibantu oleh dua lelaki untuk ngulek bumbu, dikarenakan cobeknya terlalu besar sekali (alias kecil). #5resepterbaruku #resepterbaruku #tantanganmingguan

Ayam Goreng Lengkuas

Ayam Goreng Lengkuas

Salah satu menu rutin di rumah. Dimakan anget2 kesukaan anak2.

89. Ayam Goreng Lengkuas

89. Ayam Goreng Lengkuas

Sebenarnya udah lama dan sering banget masak ayam goreng laos ini,cmn blm sempat save di cookpad. Kali ini saya post karna hari ini saya bikin banyak utk persiapan bulan puasa. Yuk moms kita masakk #AntiRibet

Ayam lengkuas (nasu likku)

Ayam lengkuas (nasu likku)

Edisi lebaran, pasti ada inii.

Ayam Goreng Lengkuas

Ayam Goreng Lengkuas

resep ini cocok bagi bu-ibu yang harus berangkat kerja pagi-pagi. Jadi di kala senggang, bisa memasak sekalian banyak, kemudian disimpan di freezer dan digoreng ketika dibutuhkan.

10-12 porsi
kurlep 1 jam an
Ayam Ungkep Lengkuas

Ayam Ungkep Lengkuas

Berhubung d rumah cuman b'3. Jd bikin ungkepnya buat 1x makan aja,krn baru pertama bikin ungkep lengkuas,biasanya ungkep bumbu seadanya😁 Sekalian ikut meramaikan posbar minggu ini ☺️ #UngkepanRasaHati #KampoengRamadhan #CookpadCommunity_Jakarta

3 porsi
Ayam goreng suwir Lengkuas+kremesan "ndelik"

Ayam goreng suwir Lengkuas+kremesan "ndelik"

Sebenarnya sih biasanya pakek ayam mentah untuk ungkepan. Tapi ini karena ada ayam goreng yang lumayan banyak jadi sayang timbang dianggurinπŸ˜„

Ayam dan Ampela Ati Goreng Lengkuas

Ayam dan Ampela Ati Goreng Lengkuas

Ayam ati ampela goreng lengkuas di masak dengan bumbu lengkap, cara masaknya mudah dan cepat, bumbu meresap hingga ke daging #berburucelemekemas

3 porsi
45 - 60 mnt
Tempe Goreng Lengkuas (+tips)

Tempe Goreng Lengkuas (+tips)

(12 maret 2019) tempe selalu jadi resep yang 3M ya mom.. murah. mudah. mantul. (οΎ‰Β΄βˆ€ο½€*)

Ayam Goreng Bumbu Lengkuas

Ayam Goreng Bumbu Lengkuas

Minggu ini saatnya cookies, nyobain resep ayam goreng lengkuasnya mbak #JuniDwiAnggiani , kebetulan lg cari resep karna bingung ayamnya mau dibikin apa 😁, nemu dch ini, makasih untuk resepnya, sangat membantu 😊 Resep asli : https://cookpad.com/id/resep/14446390-341-ayam-goreng-lengkuas?invite_token=U2ypv844TS6fqSsxwDfSJhDj&shared_at=1612172017 #Cocomtang #CocomtangPost #Cookies_JuniDwianggiani #CookpadCommunity_Tangerang #PejuangGoldenApron3 #36

Tumis kangkung lengkuas

Tumis kangkung lengkuas

#Tinggal10Ribu #AnakRantau

Ayam goreng lengkuas

Ayam goreng lengkuas

Masakan rumahan biasa saja,sangat Mudah,dan bisa buat stok ungkepan dikulkas.. #resolusi2019 #cookpadcommunity_magelang #saturesepsatupohon #teamtrees #onerecipeonetree