019. Ayam nasulikku (ayam lengkuas)

Dipos pada February 22, 2022

019. Ayam nasulikku (ayam lengkuas)

Anda sedang mencari inspirasi resep 019. Ayam nasulikku (ayam lengkuas) yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal 019. Ayam nasulikku (ayam lengkuas) yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari 019. Ayam nasulikku (ayam lengkuas), mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan 019. Ayam nasulikku (ayam lengkuas) enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan 019. Ayam nasulikku (ayam lengkuas) sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat 019. Ayam nasulikku (ayam lengkuas) memakai 16 jenis bahan dan 3 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Ayam nasulikku adalah salah satu makanan khas bugis .sulawesi selatan . Biasanya ayam ini disajiin pas hari raya dan disajikan dengan ketupat dan buras. Karna diriku jauh dr kampung halaman..kangen makan makanan khas kampung sendiri... dan tema challenge cookpad minggu ini ada AYAM #weekendChallenge ☺️ kenapa gak coba buat nasulikku aja... #basidonce #WeekendChallenge #salamgerobaksayur #masakannusantara #cookpadindonesia #cookpadcommunity_sumbar #community_sumbar

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat 019. Ayam nasulikku (ayam lengkuas):

  1. 1/2 ekor ayam
  2. 1/2 kelapa parut sangrai
  3. 1 liter santan kelapa
  4. 2 bonggol besar lengkuas (parut)
  5. 3 batang sereh (geprek)
  6. 3 lembar daun salam
  7. 2 lembad daun jeruk
  8. Bumbu halus
  9. 9 sium bawang merah
  10. 4 sium bawang putih
  11. 1 ruas jahe
  12. 1/4 sdm bubuk kunyit
  13. 2 butir kemiri
  14. 1 sdm merica butir
  15. secukupnya Kaldu bubuk, garam, gula
  16. secukupnya Air asam jawa

Langkah-langkah untuk membuat 019. Ayam nasulikku (ayam lengkuas)

1
Masak sebentar ayam dengan daun salam dan sereh. Untuk meghilangkan bau amis nya serta biar ayam lebih empuk.
019. Ayam nasulikku (ayam lengkuas) - Step 1
2
Blender bumbu halus kemudian tumis dengan minyak cenderung banyak. Masukan lengkuas yg telah diparut, daun jeruk,daun salam,serta sereh. Masukkan ayam.masak sebentar.
019. Ayam nasulikku (ayam lengkuas) - Step 2
019. Ayam nasulikku (ayam lengkuas) - Step 2
3
Setelah setengah matang,masukkan santan serta kelapa sangrai (tumbuk kasar) beri garam, kaldu bubuk (me:totole),gula pasir dan air asam jawa. Masak hingga ayam meresap serta air menyusut dan ayam mengelurkan minyak.tes rasa.
019. Ayam nasulikku (ayam lengkuas) - Step 3
019. Ayam nasulikku (ayam lengkuas) - Step 3
019. Ayam nasulikku (ayam lengkuas) - Step 3

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Serundeng lengkuas

Serundeng lengkuas

Bismillah.... Stok lengkuas banyak dari pada di anggurin terus jadi kering.. Di bikin serundeng ajja buat sahur.. #RamadanPenuhIdeMasakan #FestivalRamadanCookpad #DiRumahAja

Ayam goreng lengkuas

Ayam goreng lengkuas

Rasa ayamnya mirip ayam kampung, walaupun cuma ayam boiler namun tidak alot, ada renyah & kriuk" dari lengkuasnya yang di blender (mestinya di parut), cobain eksekusi AYAM LENGKUAS Yo gampang koq bikinnya #PejuangGoldenApron2

10 potong
Ayam Goreng Kremesan Laos (Frozen Food)

Ayam Goreng Kremesan Laos (Frozen Food)

Minggu ini edisi nginep drmh mertuaa, liat di freezer ternyata dibeliin ayam paha atas yg masih mentah. Kepikiran bngt buat resep ini hahaa anakku suka ayam soalnya, karena dari kmrn dia makannya males-malesan🤣 dan ternyata enaaakk semuanya suka💛🍗 resep aslinya kukalikan dua yaa soalnya ayamnya 1kg resep aslinya cmn 1/2 kg💛 Source : Theresia Heni #AhlinyaAyam #SiapRamadan

10 potong
Ayam Serundeng Lengkuas (Simpel dan Anti Gagal)

Ayam Serundeng Lengkuas (Simpel dan Anti Gagal)

Ini perdana aku buat, ga sangka hasilnya diluar ekspetasi, enakk bgt, ga kalah sama yg dijual2 org 😁

1 jam
Ayam Goreng Laos

Ayam Goreng Laos

Cara menikmati ayam goreng dengan cara lain dan anak-anak suami malah lebih suka lengkuas /Laos yang digoreng ini buat lauk hehe pas banget disajikan dengan sambal dan lalapan mantep banget... #PejuangGoldenApron3

Ayam Goreng Lengkuas

Ayam Goreng Lengkuas

Ayam goreng simple kesukaan nak gadis 😍😍 Source : Erfina Restiawan Recook : Abuk Irun #GenkPejuangDapur #RememberGenkPeDa_AbukIrun #CookpadCommunity_Sumbar

Ayam Goreng Lengkuas

Ayam Goreng Lengkuas

Ayam goreng kesukaan dirumah. Kremesannya pun nikmat🍗

Ayam goreng laos

Ayam goreng laos

Guru ngaji aku datang kerumah untuk mengajar ngaji dan guru aku bilang kalo mau kasih resep ayam goreng laos resep ayam goreng laos yg bikin guru ngaji aku. Makasih mbak resepnya😀 (Bisa di sajikan dengan sambel korek dan nasi hangat yg pasti minumnya es teh atau es jeruk🍹)

Ayam Goreng Lengkuas Bumbu Racik 😋🤩

Ayam Goreng Lengkuas Bumbu Racik 😋🤩

Teman makan sayur asem... 👍

Ayam goreng laos

Ayam goreng laos

Suka bgt sama rempah dari ayam goreng.. jd bikin ayam goreng yg berlimpah bumbu

5 orang
1 jam
Ayam Goreng Lengkuas

Ayam Goreng Lengkuas

Sukaaa banget ma ayam goreng satu ini... Pokokna bakal ga nyesel deeh bikinnya. Tambah sambel terasi, tomat mentah ato sambel fav keluarga apa aja juga cocok bgt.

4-6 org
45 menit
Ayam Goreng Lengkuas

Ayam Goreng Lengkuas

Setiap masak ayam goreng lengkuas, banyakin lengkuasnya.. Terasa nikmat.. #SiapRamadan

Ayam goreng Lengkuas

Ayam goreng Lengkuas

Baru pertama kali coba karena penasaran Ternyata anak dan suami pada sukak..

Ayam asin lengkuas

Ayam asin lengkuas

Biasa ayam lengkuas diungkep dulu, kali ini coba tanpa diungkep tapi digoreng. Saat menggoreng ayamnya supaya tidak meletup2, panaskan wajan sampai panas, beri minyak cukup banyak dan beri sedikit garam, ayam tiriskan dari bumbu marinasinya, spy ayam tidak terlalu basah, masukan ayam saat minyak sudah panas.. Tetep saya tutup wajannya menghindari letupan. Untuk bumbu lengkuasnya, sy tambahkan garam, gula, kaldu jamur masing2 1/4 sdt, tp sy takut rasanya keasinan bagi teman2, maka sy tulis secukupnya

Ayam Goreng Rempah (Lengkuas) #5resepterbaruku

Ayam Goreng Rempah (Lengkuas) #5resepterbaruku

Pertama kali buat ayam goreng lengkuas ini awalnya karna Request dari suami tersayang yang minta dibuatin Ayam Goreng Lengkuas ini kaya orang ngidam... Ya sudah dituruti aja sambil tanya-tanya cara buatnya dari mama

4 - 5 orang